Iraq Cabut Izin Media Al Jazeera, Ada Apa?

redaksi.co.id - Iraq Cabut Izin Media Al Jazeera, Ada Apa? Pemerintah Irak telah mencabut izin operasi jaringan satelit Al Jazeera dan menutup kantornya di Baghdad. Irak...

35 0

redaksi.co.id – Iraq Cabut Izin Media Al Jazeera, Ada Apa?

Pemerintah Irak telah mencabut izin operasi jaringan satelit Al Jazeera dan menutup kantornya di Baghdad. Irak menuduh media tersebut melanggar pedoman pemerintah yang diterbitkan pada 2014 untuk mengatur media selama perang melawan teror.

Al Jazeera, yang berbasis di Qatar mengaku kecewa dengan tindakan pemerintah Irak. “Kami tetap berkomitmen untuk menyiarkan berita tentang Irak ke rakyat Irak, pemirsa kami di dunia Arab dan seluruh dunia,” kata saluran dalam sebuah pernyataan surat elektronik.

Kelompok-kelompok HAM mengkritik panduan media Irak yang membatasi wartawan meliput gerakan pemberontak dan mengharuskan mereka melaporkan pemberitaan yang menguntungkan pasukan pemerintah.

Pada 2013, pemerintah Irak menuduh Al Jazeera dan sembilan salauran televisi satelit lain mendorong sentimen sektarian yang memicu kekerasan.

Didirikan oleh keluarga penguasa Qatar pada 1996, Al Jazeera agresif memberitakan pemberontakan Arab Spring dan telah menyiarkan secara luas perang sipil di Suriah. Qatar sendiri adalah kritikus keras dari rezim Suriah dan pendukung terkemuka dari pemberontak.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!