Formulir Permohonan Pembuatan KTP di Kota Bekasi Tak Mencantumkan Kolom Agama

BEKASI Redaksi.co.id – Belakangan beredar di jejaring sosial “Facebook”, formulir permohonan Kartu Tanda Penduduk di sebuah wilayah di Kabupaten/Kota Bekasi ada kejanggalan yang mencolok. Kejanggalan tersebut adalah...

78 0

BEKASI Redaksi.co.id – Belakangan beredar di jejaring sosial “Facebook”, formulir permohonan Kartu Tanda Penduduk di sebuah wilayah di Kabupaten/Kota Bekasi ada kejanggalan yang mencolok. Kejanggalan tersebut adalah tidak adanya kolom untuk pengisian agama.

Kontan saja hal ini mengundang perhatian masyarakat. Pasalnya, beberapa waktu lalu isu pengosongan kolom agama dalam KTP bergulir dengan kencang.

Formulir permohonan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kota Bekasi tak mencantumkan kolom agama. Hal itu dianggap lumrah dan berlaku sudah sejak lama.

Kepala Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi Ade M. Soleh mengatakan, sejak 2010 kolom agama dalam formulir permohonan pembuatan KTP tidak ada.

“Dari dulu formulir pembuatan KTP di Bekasi memang enggak ada kolom agama,” kata Ade di tempat kerjanya di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi, yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Rabu (15/4/15).

“Setiap bikin KTP kan dari dulu selalu harus sertakan berkas-berkas seperti Kartu Keluarga. Agama itu ketahuan dari Kartu Keluarga,” lanjut dia.

Pada November 2014, wacana pengosongan kolom agama di KTP sempat digulirkan Tjahjo Kumolo (Menteri Dalam Negeri). Pengosongan kolom agama ini semata-mata untuk melindungi hak masyarakat yang menganut kepercayaan di luar enam agama resmi yang ada di Indonesia.

Kebijakan Tjahjo sontak menimbulkan reaksi publik. Ada yang mendukung dan bahkan ada pula yang menolak. Dukungan pengosongan kolom agama juga sempat datang dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Katakanlah dia Syiah, nah itu kosongkan saja. Atau agama apa lainnya,” ujar JK beberapa waktu lalu. (Agus S)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!