Penyaluran Bantuan PSKS Masih Gunakan Data Penerima BLT

CIAMIS Redaksi.co.id -Pembagian dana untuk pemegang kartu KPS (keluarga pra sjahtra) mendapatkan lagi bantuan dari Pemerintah melalui program simpanan keluarga sejahtra (PSKS) serentak seluruh Indonesia pada bulan...

10 0

CIAMIS Redaksi.co.id –Pembagian dana untuk pemegang kartu KPS (keluarga pra sjahtra) mendapatkan lagi bantuan dari Pemerintah melalui program simpanan keluarga sejahtra (PSKS) serentak seluruh Indonesia pada bulan april 2015.

Seperti di Kecamatan Sindangkasih, pada hari ke lima, Rabu (15/04/2015) giliran masyarakat Desa Sukasenang yang mendatangi kantor pos Kecamatan Sindangkasih. Ada sebanyak 506 pemegang kartu KPS yang mendatangi Kantor Pos.

Mereka menerima bantuan dana sebesar Rp. 600 ribu per orang dari program simpanan keluarga sejahtera.

Dalam pembagian bantuan PSKS, seperti biasa, pihak desa selalu berjibaku dalam mengurus pembagian tersebut karena penerima bantuan PSKS tersebut sesuai pendataan awal lahirnya Bantuan langsung tunai (BLT) sehingga banyak masalah yang terjadi di lapangan, seperti kesenjangan sosial, perubahan status, meninggal dunia, pindah alamat dan lainnya.

“Tetapi semua itu tidak bisa digantikan oleh penerima lain maupun dikuasakan sesuai aturan yang tercantum di keluarga pra sejahtra (KPS),” ujar Kepala Desa Sukasenang Darus Salim kepada Redaksi.co.id.

Aturan tetap aturan sehingga tidak bisa diubah sedemikian rupa, tetapi untuk mengantisipasi kesenjangan sosial, pihaknya selalu musyawarah dengan masyarakat agar masyarakat yang tidak menerima berlapang dada.

“Juga untuk yang menerima bantuan bisa bersyukur dan bersikap bijaksana,” tambah Darus Salim.

Di Kecamatan Sindangkasih sendiri, menurut Iman Firmansyah selaku Kepala Kantor Pos Cabang Kecamatan Sindangkasih, masyarakat penerima PSKS sebanyak 3.539 orang yang tersebar di setiap Kecamatan Sindangkasih dengan total bantuan Rp. 2.123.400.000.

Iman juga menambahkan, penerimaan bantuan PSKS tersebut tidak bisa dikuasakan sehingga uang tetap di Kantor Pos.

“Tetapi Kantor Pos tetap melayani masyarakat yang akan mengambil bantuan tersebut kapan saja di hari kerja setelah persyaratannya lengkap dan tidak ada kata hangus,” katanya. (Azie)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!