Dana Kurang, Rio Haryanto Terancam Berhenti di Tengah Jalan

135

redaksi.co.id – Dana Kurang, Rio Haryanto Terancam Berhenti di Tengah Jalan

Jagoan balap Indonesia, Rio Haryanto belum tentu bisa ikut balapan Formula 1 semusim penuh. Minimnya dana membuat kiprah Rio di F1 bisa berakhir lebih cepat.

Saat ini, Rio baru bisa memastikan bisa ikut balapan Formula 1 selama setengah musim. Pembalap berusia 23 tahun tersebut baru membayar 8 juta euro dari 15 juta euro yang diminta oleh Manor Racing.

“Pihak Manor minta konfirmasi apakah Rio mau balapan satu musim atau hanya setengahnya. Kalau setengah berarti sebelas race. Nah, kita sudah menyelesaikan pembayaran untuk race pertama hingga sebelas,” ucap ibunya Rio, Indah Pennywati kepada Liputan6.com, Selasa (26/4/2016) malam WIB.

Bila demikian, ‘kontrak’ Rio yang baru membayar setengah uang pembayaran bersama Manor akan berakhir di GP Hungaroring yang berlangsung pada 24 Juli 2016.

Padahal, ketika baru mengumumkan bergabung dengan Manor, perwakilan Rio maupun Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengklaim pembalap asal Solo itu akan balalan satu musim penuh. Dengan situasi terkini, tentu menjadi mengherankan mengapa sekarang Rio hanya bisa menjalani 11 balapan ketika dana ke Manor belum lunas.

Namun ‘kontrak’ itu bisa saja diperpanjang bila Rio bisa membayar 7 juta euro lagi. “Kalau yang seri ke-12 hingga 21, belum ada pembicaraan. Tapi Manor tentu minta (pembayarannya) segera dilakukan supaya mereka bisa melakukan persiapan,” kata Indah.

Indah juga tak berani menjawab dengan cepat pertanyaan Manor itu. Tak banyak yang bisa diperbuat Indah karena pihaknya masih kesulitan mencari sponsor. Beberapa perusahaan dan pihak pemerintah yang ditemui manajemen Rio belum bisa memberikan jawaban yang memuaskan.

“Jawaban mereka selalu masih under process. Ketika mereka sudah tahu nilainya, langsung tidak berani,” ucapnya.

Kini yang bisa diharapkan Indah adalah doa dan bantuan masyarakat Indonesia dengan mengirimkan SMS Rio kirim ke 7788. Dukungan SMS solidaritas Merah Putih untuk Rio Haryanto ini sudah dimulai sejak 17 April hingga 17 Juli 2016. SMS itu akan ditutup tujuh hari sebelum ‘kontrak’ Rio dan Manor berakhir.

(red/usland/argarito/RM)

loading...

Comments

comments!