Buffon Bawa Juventus Dekati Scudetto Kelima Beruntun

redaksi.co.id - Buffon Bawa Juventus Dekati Scudetto Kelima Beruntun Juventus semakin dekat dengan Scudetto kelima berturut-turut setelah berhasil menang 2-1 kala dijamu Fiorentina, Senin (25/4/2016). Kiper...

17 0

redaksi.co.id – Buffon Bawa Juventus Dekati Scudetto Kelima Beruntun

Juventus semakin dekat dengan Scudetto kelima berturut-turut setelah berhasil menang 2-1 kala dijamu Fiorentina, Senin (25/4/2016). Kiper Gianluigi Buffon menjadi bintang kemenangan Juve kali ini.

Kemenangan ini membuat Juventus mengoleksi 82 poin. Mereka unggul 12 poin dari peringkat dua Napoli yang baru bertanding nanti malam melawan Roma.

Praktis Juve cuma butuh satu angka saja saat melawan Carpi pekan depan untuk memastikan menjadi juara Serie A 2015/2016. Juve bahkan sudah bisa berpesta tanpa bertanding nanti malam. Asalnya Napoli kalah atau imbang dengan Roma.

Dalam laga di Artemio Franchi ini, dua gol kemenangan Juve dicetak Mario Mandzukic dan Alvaro Morata. Namun gelar man of the match layak dinobatkan kepada Buffon.

Buffon melakukan serangkaian penyelamatan gemilang di laga ini. Penalti Fiorentina di menit akhir juga bisa digagalkan oleh Buffon.

Bermain di kandang sendiri, Fiorentina coba menekan Juventus begitu pertandingan dimulai dengan mengandalkan Fernando Bernardeschi dan Cristian Tello. Fiorentina mendapat peluang emas pertama di menit 13. Tembakan Josip Ilicic masih bisa digagalkan oleh Buffon.

Juve sempat mencetak gol di menit 15 lewat Sami Khedira. Namun dianulir wasit karena Khedira telah terperangkap off-side. Empat menit kemudian, giliran gol Fiorentina yang dicetak Bernardeschi yang dianulir wasit karena dianggap off-side.

Fiorentina seharusnya bisa unggul di menit 21 bila Buffon tidak melakukan penyelamatan gemilang menggunakan kakinya menghalau sepakan Nikola Kalinic.

Meski kalah penguasaan bola, Juventus justru bisa unggul lebih dulu pada menit 38. Umpan sundulan Paul Pogba memudahkan Mandzukic menceploskan bola ke gawang Fiorentina.

Bernardeschi kembali memiliki peluang emas. Beberapa menit sebelum jeda, Bernardeschi melepaskan tendangan lob dari luar kotak penalti. Buffon dengan susah payah menepisnya. Skor 1-0 bertahan sampai jeda.

Tertinggal satu gol, Fiorentina coba menggempur Juventus di babak kedua. Derasnya serangan Fiorentina memaksa Buffon beberapa kali jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Gempuran pemain Fiorentina juga membuat bek Juventus Daniele Rugani untuk pertama kalinya memperoleh kartu kuning di ajang Serie A. Rugani terpaksa menjatuhkan Bernardeschi.

Tekanan bertubi-tubi La Viola akhirnya membuahkan hasil di menit 81. Bek Juve Leonardo Bonucci melakukan kesalahan saat memainkan bola di area pertahanan akibat mendapat tekanan dari pemain lawan. Bola dicuri Kalinic.

Dengan tenang Kalinic memperdaya Buffon dengan sepakan akurat dari luar kotak penalti.

Sial bagi Fiorentina. Dua menit kemudian Juventus bisa kembali unggul melalui gol pemain pengganti Alvaro Morata. Mantan pemain Real Madrid itu menyambar bola liar di kotak penalti hasil tendangan penjuru Pogba.

Fiorentina seharusnya bisa menyamakan kedudukan di menit 90. Wasit memberikan Fiorentina hadiah penalti akibat pelanggaran Juan Cuadrado terhadap Kalinic.

Dalam kondisi genting, Buffon menunjukkan mental juaranya. Buffon mampu menepis tendangan penalti Kalinic. Bola muntah yang disambar Bernardeschi juga bisa dimentahkan Buffon.

Drama belum berakhir sampai disini. Di masa injury time, Fiorentina membuat fans Juventus berdebar-debar. Sundulan Kalinic membentur mistar gawang. Juve akhirnya pulang dengan membawa poin penuh.

Susunan Pemain:

Fiorentina: Tatarusanu; Tomovic, Gonzalo Rodriguez, Astori, Marcos Alonso; Badelj, Borja Valero; Bernardeschi, Ilicic (Zarate 53), Tello (Mati Fernandez 62); Kalinic

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Rugani; Lichtsteiner (Cuadrado 88), Khedira, Lemina, Pogba (Asamoah 84), Evra; Mandzukic, Dybala (Morata 70)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!