Steve Kerr Terpilih Jadi Pelatih Terbaik NBA Musim Ini

125

redaksi.co.id – Steve Kerr Terpilih Jadi Pelatih Terbaik NBA Musim Ini

Steve Kerr yang berhasil membawa Golden State Warriors mencatat rekor terbaik NBA selama satu musim 73 kali menang terpilih menjadi Pelatih Terbaik NBA 2015-2016. Kerr akan dianugerahi penghargaan ini Rabu waktu setempat sebelum Game 5 babak pertama seri playoff melawan Houston Rockets.

Terry Stotts dari Portland Trail Blazers menempati urutan kedua. Portland memiliki empat pemain starter baru namun bisa kembali lolos ke playoff. Stotts finis dengan suara 37 dan total 335 poin.

Pelatih terbaik tiga kali, Gregg Popovich dari San Antonio Spurs, dengan 10 suara dan 166 poin. Di bawah asuhan Kerr dan asisten pelatih Luke Walton yang menjadi pelatih sementara pengganti Kerr sampai sempuh dari komplikasi operasi Januari silam, Warriors (73-9) mencatat rekor terbaik musim reguler dalam sejarah NBA, menumbangkan rekor Chicago Bulls (72-10).

Sang juara bertahan NBA membuka musim dengan statistik 24-0 yang adalah awal terbaik dalam sejarah NBA yang membuatnya mencatat 28 kemenangan berturut-turut dalam musim reguler yang merupakan paling lama kedua sepanjang sejarah NBA.

Warriors mencatat rekor kemenangan tandang NBA dengan 34 kali menang dan menang 54 kali berturut-turut di kandang sendiri selama musim reguler, termasuk 18 kemenangan terakhir pada musim reguler lalu, dan berstatistik 39-2 di Oracle Arena untuk dua musim berturut-turut. Golden State juga menjadi tim pertama yang sukses dalam satu musim tanpa pernah kalah dua kali berturut-turut atau tak pernah kalah dua kali dari tim yang sama.

Warriors juga menciptakan rekor di dalam lapangan dengan menciptakan rekor lemparan tiga angka terbanyak NBA dengan 1.077 lemparan, menjadi tim dengan rata-rata poin tertinggi di liga 114,9 poin sejak musim 1991-1992 dan memimpin NBA dalam hal peringkat ofensif (112,5 poin per 100 penguasaan bola), persentase poin dari lemparan non lemparan bebas (48,7 persen), persentase terbaik dalam lemparan tiga angka (41,6 persen yang merupakan kedua tertinggi dalam sejarah NBA) dan rata-rata assist terbanyak 28,9.

Dalam hal bertahan, Warriors menempati urutan keempat sehingga menciptakan 100,9 poin per 100 penguasaan bola. Kerr sering bersama tim namun tidak lagi di lapangan sejak sembuh dari operasi. Kerr sakit pada punggung dan lehernya. Dia harus absen pada 43 pertandingan pertamanya dan asisten pelatih Luke Walton mengantarkan Warriors mencatat awal yang baik 24-0 dan 39-4 sebelum Kerr kembali menukangi tim.

Pada tahun pertamanya bersama Warriors, Kerr memenangi penghargaan NBA pada 2015 bersama Steph Curry yang menjadi MVP. Tahun lalu Kerr menjadi pelatih terbaik kedua setelah pelatih Atlanta Hawks Mike Budenholzer, demikian Reuters. ANTARA

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

loading...

Comments

comments!