Faktanya Nilai Matematika di SMA Tentukan Gaji di Masa Depan

redaksi.co.id - Faktanya Nilai Matematika di SMA Tentukan Gaji di Masa Depan Pikir matang-matang sebelum Anda memilih bolos di kelas Matematika. Penelitian terbaru dari The Federal...

39 0

redaksi.co.id – Faktanya Nilai Matematika di SMA Tentukan Gaji di Masa Depan

Pikir matang-matang sebelum Anda memilih bolos di kelas Matematika. Penelitian terbaru dari The Federal Reserve Bank of Cleveland menemukan, nilai matematika di sekolah menengah atas ternyata dapat menjadi salah satu faktor penentu gaji Anda di masa depan.

Melansir laman Business Insider, Selasa (26/4/2016), semakin baik Anda mempelajari matematika, semakin mudah bersaing di dunia kerja. Para siswa yang menyelesaikan level matematika lebih tinggi di sekolah menengah cenderung menerimagaji lebih tinggi dibandingkan teman-temannya yang tak menyukai ilmu hitung tersebut.

Menggunakan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, peneliti di bank tersebut menemukan, sebagian besar karyawan tetap di negaranya mampu mendapatkan gaji lebih tinggi meski tidak mengenyam perguruan tinggi. Hal itu dapat terjadi, selama nilai matematika di sekolah menengah terbilang tinggi.

Namun bagi para siswa dengan level kelulusan matematika dan penguasaan materi lebih rendah, mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang sangat sulit.

Dengan kata lain, penguasaan matematika yang lebih baik dapat menguntungkan Anda di pasar tenaga kerja. Sang peneliti, Jonathan James mengatakan, selisih pendapatan antara mereka yang pandai dan kurang menguasai matematika berkisar sekitar 10 persen.

Meski demikian, laporan penelitian tersebut tidak menyertakan alasan mengapa prestasi matematika yang lebih tinggi dapat mengarah pada tingkat pendapatan.

Menurut James, potensi para siswa yang handal dalam berhitung dapat memudahkannya mengeluarkan potensi kerja dan beradaptasi dengan berbagai profesi.

Selain itu, para siswa yang berprestasi di pelajaran matematika juga terbukti memiliki orangtua yang sangat menghargai pendidikan. Dorongan dari orangtua juga dapat menjadi salah satu motivasi kesuksesan di masa depan.(Sis/Nrm)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!