Astronaut Ini Lari London Marathon di Luar Angkasa

redaksi.co.id - Astronaut Ini Lari London Marathon di Luar Angkasa Astronaut Inggris, Tim Peake, menyelesaikan London Marathon pada Minggu, 24 April 2016, sambil diikat pada treadmill...

19 0

redaksi.co.id – Astronaut Ini Lari London Marathon di Luar Angkasa

Astronaut Inggris, Tim Peake, menyelesaikan London Marathon pada Minggu, 24 April 2016, sambil diikat pada treadmill di Stasiun Antariksa Internasional. Ia mengambang di orbit sekitar 200 mil di atas hampir 40 ribu pesaingnya di tanah. Setelah memohon keberuntungan kepada rekan-rekan pelari dan memulai lomba dalam pesan yang direkam, menurut tweet European Space Agency, Peake menyelesaikan lari sejauh 26,2 mil itu dalam waktu sekitar 3 jam 35 menit.

Untuk mensimulasikan suasana balapan di bumi, Peake menyaksikan rute itu secara digital lengkap dengan kerumunan orang bersorak pada aplikasi iPad RunSocial sambil berlari. Olahraga teratur sangat penting bagi astronaut di stasiun ruang angkasa untuk mencegah kehilangan otot, penurunan kepadatan tulang, dan banyak masalah kesehatan lain yang bisa datang akibat periode waktu tanpa bobot yang lama.

NASA menemukan bahwa astronaut kehilangan sekitar 15 persen dari ototnya selama penerbangan luar angkasa dan 1-2 persen dari massa tulang per bulan di ruang angkasa. Lari pada gravitasi nol juga menimbulkan tantangan tersendiri. Peake harus diikatkan ke treadmill luar angkasa dengan tali bungee. Adapun, The Guardian melaporkan, dokter di bumi mengawasi ketat catatan fisiologisnya. Namun ada juga beberapa keuntungan.

Peake mengatakan kepada surat kabar itu bahwa otot-ototnya rileks dan pulih lebih mudah setelah lomba. Adapun cedera, seperti sakit atau keseleo, akan lebih cepat sembuh. Peake bukanlah astronaut pertama yang menyelesaikan maraton di ruang angkasa.

Catatan itu pernah ditorehkan astronaut Amerika, Sunita Williams, yang menyelesaikan Boston Marathon di stasiun ruang angkasa pada 2007. Bahkan dia mengikuti triathlon pertama di luar angkasa, dengan peralatan terkalibrasi khusus untuk mensimulasikan berenang. Meski demikian, menurut versi Guinness, Peake berhasil meraih rekor lari maraton tercepat di ruang angkasa. MASHABLE | ERWIN Z.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!