Gadai Rumah demi Bangun Bisnis, Pria Ini Sukses Raup Untung

redaksi.co.id - Gadai Rumah demi Bangun Bisnis, Pria Ini Sukses Raup Untung Berawal dari kecintaan yang besar pada dunia fotografi, Patrick ONeill pun memutuskan untuk terjun...

38 0

redaksi.co.id – Gadai Rumah demi Bangun Bisnis, Pria Ini Sukses Raup Untung

Berawal dari kecintaan yang besar pada dunia fotografi, Patrick ONeill pun memutuskan untuk terjun sebagai seorang pengusaha. Kecintaan terhadap dunia fotografi ini bermula ketika sang kakek sering mengajaknya pergi liburan bersama.

Melansir laman BBC, Rabu (27/4/2016), ide bisnis pria 50 tahun ini muncul ketika ia melihat pertumbuhan cepat di dunia digital khususnya media sosial. Banyak orang yang sekarang berlomba-lomba untuk mengunggah foto terbaik mereka di akun masing-masing.

Ia pun mulai untuk mengembangkan sebuah kamera sederhana yang nanti dapat ditempelkan ke kamera ponsel. Kamera tambahan ini mampu untuk memberikan efek cembung atau fish eye terhadap foto yang dihasilkan.

Awal bisnis bukan merupakan langkah yang mudah bagi ONeill. Layaknya para pebisnis mula lainnya, ia kesulitan untuk mencari sumber pendanaan untuk memulai bisnis.

Alhasil, ia pun menjual ide bisnis dan memasukkan ide tersebut ke dalam sebuah website crowdfunding. Tak disangka, ia pun mampu mendapat sumbangan pendanaan hingga lebih dari US$ 68 ribu atau sekitar Rp 897 juta (asumsi kurs Rp 13.202 per dolar Amerika Serikat).

Namun uang yang berhasil dikumpulkannya tersebut ternyata belum cukup untuk menutupi semua biaya produksi yang harus ia keluarkan. Ia pun menggadaikan rumah demi mampu mencapai modal yang ia inginkan.

Jerih payah selama ini pun akhirnya membuahkan hasil. Produk kamera yang ia namakan The Olloclip mampu sukses besar di pasaran.

Perusahaan yang ia bangun dari nol kini mampu menjual lebih dari 1,5 juta produk. Total penjualannya pun meningkat 20 persen setiap tahun. Selain itu, perusahaannya juga kini telah memiliki 50 pekerja dan mampu memiliki pabrik sendiri di bagian selatan Amerika Serikat. (Vna/Ahm)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!