Jokowi Ingin Anggaran Pengembangan Startup RI Lampaui Thailand

110

redaksi.co.id – Jokowi Ingin Anggaran Pengembangan Startup RI Lampaui Thailand

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan terus mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Karena itu, pihaknya siap memberikan dukungan pendanaan untuk perkembangan ekonomi digital.

Mengenai ekonomi digital ini, Jokowi ternyata memiliki obsesi untuk bisa melampaui Thailand dalam hal penganggaran demi mendukung berkembangnya ekonomi digital di negaranya. Thailand mengalokasikan anggaran Rp 7 triliun pada 2016.

“Itu untuk riset-riset, coba-coba aplikasi baru. Kita ini kalau negara lain sudah seperti itu, kalau tidak berani melebihi mereka, saya pastikan kita akan ditinggal,” kata Jokowi di Tangerang, Banten, Rabu (27/4/2016).

Jokowi menuturkan, dirinya saat ini konsentrasi membentuk ekosistem industri ekonomi digital. Ia mendapatkan ide penciptaan ekosistem industri digital ini saat kunjungan kerja ke Silicon Valley, Amerika Serikat (AS).

Ia mengharapkan ekosistem ekonomi digital sudah mulai berjalan dengan berbagai fasilitas yang sudah ada saat ini seperti kecepatan internet. Selain itu, mulai banyak padatechnopreneur yang mengenalkan berbagai aplikasi barunya.

Untuk itu dirinya menjanjikan akan memberikan dukungan pendanaan demi memfasilitasi para technopreneur dalam mengembangkan ide-ide kreatifnya. Pendanaan ini diharapkan akan dialokasikan di APBN-P 2016.

“Kalau memungkinkan kenapa tidak (di APBNP 2016), jangan sering mundur-mundur begitulah, kalau bisa tahun ini ya tahun ini. Tapi kita lihat di Kemenkeu, ada peluang atau tidak untuk masuk ke sana,” papar mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (Yas/Ahm)

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!