Putin Bentuk Pasukan Pengawal Pribadi Khusus

redaksi.co.id - Putin Bentuk Pasukan Pengawal Pribadi Khusus Presiden Rusia Vladimir Putin membentuk pasukan pengawal pribadi untuk melindungi dirinya dan rombongannya. Ide pembentukan pasukan elit itu...

31 0

redaksi.co.id – Putin Bentuk Pasukan Pengawal Pribadi Khusus

Presiden Rusia Vladimir Putin membentuk pasukan pengawal pribadi untuk melindungi dirinya dan rombongannya. Ide pembentukan pasukan elit itu muncul di tengah kekhawatiran meningkatnya kerusuhan di Rusia setelah 17 tahun usia kempemimpinannya di Kremlin.

Menurut laporan, pasukan pengawal yang disebut Garda Nasional itu akan bertanggung jawab dalam kegiatan kontraterorisme, menjamin keamanan nasional dan publik serta melindungi presiden.

Sosiolog Rusia Ella Paneyakh mengatakan unit ketentaraan yang baru dibentuk itu dipastikan juga diberi kewenangan untuk melakukan operasi militer di wilayah Rusia dan terhadap warga negara itu.

Sepertinya pasukan ini dapat menangkap siapa pun dan beroperasi di mana pun yang mereka inginkan. Mereka juga dapat menahan orang-orang selama yang mereka mau, sampai kemudian diserahkan ke polisi atau pengadilan, ujar Paneyakh, seperti dikutip laman Express, Jumat (29/4).

Sejumlah kalangan analis meyakini pembentukan Garda Nasional adalah langkah politik Putin untuk mengimbangi pertumbuhan kekuatan militer dan pengaruh Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu.

Pasukan pengawal baru tersebut dapat digunakan langsung oleh presiden tanpa harus melalui otorisasi Kementerian Pertahanan sehingga memberi Putin kekuatan lebih besar untuk mengesampingkan berbagai keputusan yang dibuat para menteri di kabinetnya.

Kepala Garda Nasional Viktor Zolotov akan memberikan laporan langsung ke presiden terkait perkembangan situasi politik dan keamanan di Rusia. Zolotov juga sekaligus berfungsi sebagai perpanjangan tangan Putin, kata direktur di Pusat Teknologi Politik Moskow, Tatiana Stanovaya.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!