Hindari Gaya Hidup yang Bisa Bikin Bangkrut

redaksi.co.id - Hindari Gaya Hidup yang Bisa Bikin Bangkrut Zaman modern ini menuntut kita mengikuti perkembangan yang ada. Mulai dari gadget yang semakin canggih tiap tahunnya,...

26 0

redaksi.co.id – Hindari Gaya Hidup yang Bisa Bikin Bangkrut

Zaman modern ini menuntut kita mengikuti perkembangan yang ada. Mulai dari gadget yang semakin canggih tiap tahunnya, dengan berbagai model baru yang membuat setiap orang ingin memilikinya.

Selain itu banyaknya restoran mahal atau caf yang tersedia memungkinkan kita bergaya hidup tidak semestinya, dan demi mengikuti zaman juga eksistensi, setiap orang rela menghabiskan uang hanya untuk mengikuti gaya hidup saat ini.

Tidak sedikit mereka yang lebih mementingkan gaya hidup dibanding untuk memenuhi kebutuhan primer seperti menabung untuk membeli rumah. Selain itu, tak jarang pula mereka yang mengikuti gaya hidup tidak dibarengi dengan pendapatan yang sesuai.

Karena itu, seyogyanya kita perlu berusaha menghindari gaya hidup yang akan membuat kondisi keuangan memburuk atau bangkrut. Berikut beberapa gaya hidup yang perlu dihindari agar tidak mengalami kebangkrutan seperti dikutip dari www.cermati.com, Minggu (1/5/2016):

1. Membeli Setiap Gadget Terbaru

Tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi saat ini terbilang pesat, terutama di bidang gadget atau telepon genggam. Setiap bulan selalu hadir handphone-handphone terbaru yang semakin canggih dengan model dan fitur-fitur yang menarik.

Selain itu, perasaan tidak pernah puas serta rasa kebanggaan saat memiliki handphone dengan seri terbaru membuat setiap orang berkeinginan untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Hal ini harus segera dihindari karena lambat laun akan mengakibatkan kondisi keuangan memburuk dan mengalami bangkrut jika tidak dibarengi dengan perencanaan keuangan sebelumnya.

2. Menghabiskan Waktu di Tempat Mahal

Kebiasaan para remaja khususnya senang menghabiskan waktu bersama teman di suatu tempat yang terbilang mahal hanya untuk mengobrol. Bagi mereka pilihan tempat merupakan hal penting dalam gaya hidup masa kini.

Itu mengapa banyak tempat tempat mahal justru ramai dikunjungi oleh mereka yang mengikuti gaya hidup modern. Padahal jika kebutuhan hanya untuk mengobrol bisa dilakukan di warung kopi biasa yang harganya sangat terjangkau.

Tidak perlu malu atau gengsi, karena jika kebiasaan untuk ngobrol di tempat mahal terus dilakukan, maka akan sangat banyak pengeluaran yang tidak penting dan itu akan berimbas pada menurunnya keuangan kita.

3. Senang Belanja Online

Di zaman modern yang serba canggih ini, banyak hal yang bisa dilakukan secara praktis. Salah satu jenis usaha yang paling tumbuh pesat pada saat ini ialah belanja online. Barang apapun bisa kita dapatkan dengan mudah hanya melalui telepon pintar.

Kemudahan ini sangat dirasakan bagi sebagian orang, misalnya saja kita tidak perlu pergi ke toko, mengalami macet di jalan, memilih barang yang akan membuat capek. Karena itu belanja online menjadi cara yang sangat mudah.

Namun efek buruknya, belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Apa lagi barang-barang yang dijual terbilang murah, maka semakin banyak orang senang dengan belanja online tanpa melihat bahwa hal itu penting atau tidak.

Hal seperti inilah yang harus dihindari. Terlalu senang belanja online padahal masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting. Sehingga jika dilakukan secara terus menerus akan dapat mengurangi anggaran dana untuk hal lainnya.

4. Senang Belanja Game Online

Selain belanja online seperti fashion dan barang barang elektronik, ada pula sebagian orang yang menyukai dengan belanja game online. Kemajuan teknologi yang berkembang saat ini membuat permainan menjadi lebih menyenangkan, ditambah dengan permainan tersebut dilakukan secara online.

Tidak sedikit mereka yang kecanduan dalam bermain game online. Game online ini juga sangat beresiko untuk menurunkan kondisi keuangan kita. Saat kita terlalu asik bermain game sehingga tidak disadari berapa jumlah uang yang telah dikeluarkan dan hal ini akan sulit dihentikan.

Ada baiknya untuk berusaha berhenti dan menghindari game online yang hanya akan menghabiskan uang dan waktu saja. Karena jika dipikirkan lagi masih banyak hal yang lebih penting agar kondisi keuangan juga tidak memburuk.

Sesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuan Keuangan Anda

Beberapa gaya hidup yang akan membuat bangkrut memang harus dihindari, namun tidak ada salahnya juga jika sesekali ingin melakukan seperti di atas.

Namun perlu diingat kembali supaya tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kondisi keuangan saat itu, agar keuangan tetap stabil dan sesuai dengan perencanaan.

Hindari gaya hidup seperti ini, karena gaya hidup seperti ini bisa mengakibatkan masa depan yang tidak menentu. (Ahm/Ndw)

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!