Kenapa Laba-laba Tidak Terjerat Jaringnya Sendiri?

redaksi.co.id - Kenapa Laba-laba Tidak Terjerat Jaringnya Sendiri? Dengan sarang berjaring lengket, laba-laba menjebak mangsa yang terjerat. Namun laba-laba tidak pernah terjerat jaringnya sendiri. Misteri itu...

10 0

redaksi.co.id – Kenapa Laba-laba Tidak Terjerat Jaringnya Sendiri?

Dengan sarang berjaring lengket, laba-laba menjebak mangsa yang terjerat. Namun laba-laba tidak pernah terjerat jaringnya sendiri. Misteri itu pun berhasil terungkap setelah para peneliti mengamati cara laba-laba bergerak.

Misteri tentang laba-laba dan jaringnya sebenarnya sudah muncul sejak dulu. Bahkan naturalis pertama seabad lalu telah menyelidiki teka-teki mengenai bagaimana laba-laba bergerak di jaringnya sendiri.

Entah bagaimana, laba-laba tidak pernah sekali pun terperangkap saat membangun jaringnya. Padahal laba-laba harus menginjak benang-benang lebih kencang ketika mulai membangun jaring.

Kemampuan spesial laba-laba diduga berkaitan dengan lapisan khusus di kaki mereka. Namun para peneliti di Kosta Rika punya pendapat lain. Menggunakan teknologi pencitraan modern, para peneliti merekam pergerakan laba-laba di jaringnya dari jarak dekat. Rekaman itu menjelaskan secara detail kemampuan spesial laba-laba ini.

Pemimpin penelitian, William Eberhard dan Daniel Briceno dari Smithsonian Tropical Research Institute, menerbitkan temuan mereka dalam jurnal Naturwissenschaften. “Kemampuan laba-laba menenun jaring sangat dikenal, tapi kemampuan mereka membangun perangkap lengket tanpa terjerat (jaringnya) sendiri juga telah membuat banyak orang penasaran selama lebih dari 100 tahun,” kata Eberhard.

Pengamatan pada awal 1900 menunjukkan laba-laba melapisi kaki mereka dengan minyak yang berasal dari mulut. Namun, tanpa pemeriksaan jarak dekat, hasil pengamatan ini hanya sebatas teori.

NATURE NEWS | AMRI MAHBUB

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!