Yahoo Akan Beri CEO Mayer Pesangon Rp 720M

redaksi.co.id - Yahoo Akan Beri CEO Mayer Pesangon Rp 720M Yahoo mengalami masa-masa meredup dalam kepemimpinan Marissa Mayer. Perusahaan ini terjebak dalam masalah pendapatan yang menurun,...

13 0

redaksi.co.id – Yahoo Akan Beri CEO Mayer Pesangon Rp 720M

Yahoo mengalami masa-masa meredup dalam kepemimpinan Marissa Mayer. Perusahaan ini terjebak dalam masalah pendapatan yang menurun, dan pada bulan Februari mengatakan bahwa aset intinya akan dijual.

Pada hari Jumat, perusahaan mengungkapkan paket yang akan tersedia untuk para eksekutif kunci jika mereka keluar terkait penjualan. Mayer akan dibayar US$ 54,8 juta (Rp 720 miliar) dalam bentuk tunai dan saham jika dia dikeluarkan dari pekerjaannya dalam waktu satu tahun dari penjualan.

Yahoo tidak memiliki batas waktu untuk mencapai keputusan tentang penjualan, tapi The Associated Press melaporkan hari Jumat, 29 April 2016, bahwa analis memperkirakan kesepakatan itu akan terjadi dalam dua bulan ke depan dengan harga mulai dari US$ 4 miliar hingga US$ 10 miliar.

Bahkan saat Yahoo mencari pembeli untuk bisnis internet utamanya, perusahaan itu sudah terperosok dalam konflik dengan investor. Perusahaan mencapai penyelesaian dengan Starboard Value pada tanggal 26 April, yang setuju untuk menempatkan empat calon Starboard di dewan direktur Yahoo. CEO Starboard Jeffrey Smith akan menjadi salah satu dari tiga anggota komite yang menilai tawaran untuk penjualan.

Fakta bahwa situasi keuangan Yahoo telah memburuk selama masa Mayer akan membuat paket pesangonnya menjadi isu kontroversial. Saham Yahoo turun 34 persen pada 2015, sementara Mayer mendapat US$ 14 juta. (Dia akan mendapatkan hampir US$ 36 juta jika nilai saham Yahoo bangkit)

Perusahaan memperkirakan pendapatan akan turun 15 persen tahun ini, menjadi sekitar US$ 3,5 miliar. “Saya tidak berpikir tim manajemen ini telah melakukan sesuatu yang pantas untuk mendapat pesangon besar,” ujar Eric Jackson, direktur SpringOwl Asset Management, kepada AP.

Yahoo menolak berkomentar kepada wartawan, Jumat.

Eksekutif Yahoo lainnya juga akan mendapatkan pembayaran besar jika mereka dipecat setelah penjualan. Chief Revenue Officer Lisa Utzschneider akan mendapatkan US$ 19,9 juta, CFO Ken Goldman akan mendapatkan US$ 16,1 juta, dan penasihat umum perusahaan Ronald Bell akan mendapatkan US$ 9 juta.

ARSTECHNICA | ERWIN Z

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!