Astronom Temukan Tiga Planet Berukuran Seperti Bumi

redaksi.co.id - Astronom Temukan Tiga Planet Berukuran Seperti Bumi Ketiga planet ini tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin, dan dapat memberikan kondisi yang tepat untuk membentuk...

8 0

redaksi.co.id – Astronom Temukan Tiga Planet Berukuran Seperti Bumi

Ketiga planet ini tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin, dan dapat memberikan kondisi yang tepat untuk membentuk kehidupan.

Para astronom telah menemukan tiga planet, berukuran seperti bumi yang disebut sebagai zona layak huni ‘Goldilocks’.

Para ilmuwan percaya setidaknya satu dari planet-planet ini mungkin akan tepat bagi kehidupan. Planet ini memberikan dorongan pencarian kehidupan lain di alam semesta. Sistem planet miniatur hanya berjarak 40 tahun cahaya dari Bumi

“Planet-planet yang 20 sampai 100 kali lebih dekat ke bintang mereka daripada bumi ke matahari. Ini lebih mirip dalam skala dengan sistem bulan Jupiter daripada sistem surya,” kata Michal Gillon dari University of Lige, Belgia dilansir dari laman Dailymail, Selasa (3/5).

Adapun tim menggunakan teleskop sederhana berukuran 60cm yang berbasis di Chile, untuk menemukan planet-planet. Para astronom percaya ketiganya kemungkinan layak dihuni, dan mereka sekarang beralih ke instrumen yang lebih besar pada dunia baru untuk mengetahui lebih lanjut.

Sementara pencarian planet ekstrasurya lain telah berkonsentrasi pada bintang terang, Gillon dan timnya menyiapkan survei Trappist khusus untuk memindai 60 bintang kerdil terdekat.

Karena tata surya ini relatif dekat, itu memungkinkan untuk mendeteksi apakah planet-planet memiliki atmosfer, dan bahkan untuk mendeteksi tanda-tanda kehidupan.

“Kita bisa mempelajari atmosfer dan komposisi, dan dalam generasi kita, menilai jika mereka benar-benar layak dihuni,” tambah rekan penulis Julien de Wit, seorang astronom di MIT.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!