Dolar AS Boleh Paling Tenar, Tapi Ini Uang Terkeren di Dunia

redaksi.co.id - Dolar AS Boleh Paling Tenar, Tapi Ini Uang Terkeren di Dunia Dolar boleh jadi penguasa pasar global saat ini. Tapi saat ditanya,uang mana yang...

39 0

redaksi.co.id – Dolar AS Boleh Paling Tenar, Tapi Ini Uang Terkeren di Dunia

Dolar boleh jadi penguasa pasar global saat ini. Tapi saat ditanya,uang mana yang paling keren berdasarkan desain dan estetikanya,uang New Zealand adalah rajanya.

Dilansir dari World Economic Forum, Kamis (28/4/2106), International Bank Note Society telah mengumumkan hasil dari Banknote of The Year Awards 2015. Pemenangnya adalah uang New Zealand pecahan 5 dolar.

Uang 5 dolar New Zealand tersebut mengalahkan hampir 40 desain mata uang lain dari 20 negara lain, berdasarkan gabungan gambar dan fitur keamanan.

Dinilai menakjubkan oleh IBNS, uang 5 dolar tersebut berwarna oranye dan coklat dengan fitur gambar pendaki gunung New Zealand, Sir Edmund Hillary dan Mount Cook (Aoraki) di satu sisi.

Sementara di sisi satunya lagi adalah gambar pinguin bermata kuning (hoiho) dengan warna yang bisa berubah seperti hologram.

Untuk bisa dinilai dalam penghargaan ini, uang tersebut harus diluncurkan pertama kali dalam tahun yang sama saat penghargaan itu dilakukan, dan harus beredar.

Juri menilai uang tersebut berdasarkan nilai artistik dan desain yang imajinatif, serta aspek keamanan yang termasuk dalam uang tersebut. Di 2015, hampir 150 uang kertas diluncurkan, hanya 40 yang layak masuk nominasi.

Uang lain yang masuk dalam nominasi ini adalah 20 kronor Swedia, 100 ruble Rusia, Kazakhstan 20.000 tenge, dan 5 pound Skotlandia.

Deputi Gubernur Bank New Zealand Geoff Bascand mengatakan bahwa uang kertas tersebut menggabungkan beberapa fitur keamanan yang paling canggih di dunia tapi masih menampilkan sejarah, warisan dan budaya Selandia Baru.

Pemenang sebelumnya adalah uang 50 dolar Trinidad dan Tobago di 2014, dan 3 uang Kazakhstan yang menang di 2011, 2012 dan 2013.(Zul/Nrm)

Artikel Menarik Lainnya:

7 Profesi ini Bergaji Lebih Besar dari Presiden

Mark Zuckerberg Jadi Orang Terkaya ke-6

WhatsApp Perkaya Sejumlah Fitur

Ketika ‘Perang Saudara’Terjadi di Sepakbola

Rio Haryanto Jalan Kaki

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!