Kemenangan Terbesar Timnas Austria

redaksi.co.id - Kemenangan Terbesar Timnas Austria Pada 30 April 1977, Austria menyapu habis Malta dengan skor 9-0 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Salzburg. Setengah lusin...

6 0

redaksi.co.id – Kemenangan Terbesar Timnas Austria

Pada 30 April 1977, Austria menyapu habis Malta dengan skor 9-0 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Salzburg. Setengah lusin gol diciptakan Hans Krankl ke gawang Malta yang membuat Austria memetik kemenangan terbesarnya sepanjang sejarah.

Setelah finis di posisi ketiga pada Piala Dunia 1954, Austria terhenti pada fase grup pada Piala Dunia 1958. Namun kemudian tim berjuluk Das Team itu gagal lolos pada tiga kali penyelenggaraan Piala Dunia pada 1966, 1970, dan 1974.

Pada kualifikasi Piala Dunia 1978, Austria membuat awalan baik dengan memenangkan dua laga pertama mereka melawan Malta dan Turki. Kedua laga tersebut berakhir dengan skor 1-0.

Sejarah tercipta pada laga ketiga dimana mereka mencukur habis Malta sembilan gol tanpa balas. Krankl merupakan pemain yang membuka skor untuk Austria pada menit kesembilan. Ia berhasil mencetak tiga gol lagi pada menit ke-12, 18, dan 20.

Rekan satu timnya, Josef Steering, juga berhasil menggetarkan jala lawan pada menit ke-30. Saat turun minum, Austria sudah unggul 5-0 atas Malta.

Pada babak kedua, performa Malta membaik. Namun mereka masih tak mampu mencetak gol. Justru Austria kian menggila

Krankl kembali mencetak gol di menit ke-53 dan 66. Sementara Hans Pirkner memasukkan bola ke gawang Malta pada menit ke-65. Adapun gol penutup dicetak Steering pada menit ke-69.

Das Team akhirnya lolos dari kualifikasi untuk mencapai putaran final Piala Dunia1978. Meskipun sempat menjadi juara grup pada penyisihan grup putaran pertama, langkah Austria harus terhenti di penyisihan grup putaran kedua setelah menjadi juru kunci grup di bawah Belanda, Italia, dan Jerman Barat.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!