May Day, Sejuta Buruh Akan Turun ke Jalan

redaksi.co.id - May Day, Sejuta Buruh Akan Turun ke Jalan Sebanyak 1 juta buruh di seluruh Indonesia akan turun ke jalan memperingati Hari Buruh atau May...

10 0

redaksi.co.id – May Day, Sejuta Buruh Akan Turun ke Jalan

Sebanyak 1 juta buruh di seluruh Indonesia akan turun ke jalan memperingati Hari Buruh atau May Day secara serentak pada 1 Mei mendatang. Jumlah tersebut adalah keseluruhan dari gabungan 32 provinsi di Indonesia, ujar Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal saat dihubungi pada Jumat, 29 April 2016.

Namun hingga berita ini diturunkan, baru 28 provinsi saja yang mengonfirmasi peringatan May Day ini. Sedangkan buruh-buruh di empat provinsi lainnya belum mengabari.

Adapun keempat provinsi yang belum mengonfirmasi, antara lain Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Bangka Belitung. Yogyakarta baru semalam mengabari kalau mereka bisa ikut turun ke jalan, kata Said.

Dari total 1 juta buruh itu, 1,5 persennya akan terkonsentrasi di ibu kota dan sekitarnya. Said berujar, sebanyak 150 ribu buruh akan memenuhi ruas jalan utama di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dalam perayaan Hari Buruh itu.

Dalam aksi tersebut, ada empat hal yang diminta para buruh. Pertama kenaikan upah minimun sebesar Rp 650 ribu. Kedua, hentikan kriminalisasi dan pemutusan hubungan kerja (PHK). Ketiga, hentikan reklamasi Teluk Jakarta, penggusuran, dan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tax Amnesty. Keempat, deklarasi organisasi masyarakat buruh. BAGUS PRASETIYO

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!