Sejarah Hari Ini: Transplantasi Jantung Pertama Dilakukan di Inggris

redaksi.co.id - Sejarah Hari Ini: Transplantasi Jantung Pertama Dilakukan di Inggris Transplantasi jantung pertama di Inggris berhasil dilakukan hari ini 48 tahun lalu oleh tim 18...

13 0

redaksi.co.id – Sejarah Hari Ini: Transplantasi Jantung Pertama Dilakukan di Inggris

Transplantasi jantung pertama di Inggris berhasil dilakukan hari ini 48 tahun lalu oleh tim 18 dokter dan perawat di Rumah Sakit Jantung Nasional Marylebone, London. Operasi yang dipimpin oleh ahli bedah kelahiran Afrika Selatan Donald Ross pada seorang pria berusia 45 tahun yang tidak disebutkan namanya.

Butuh waktu lebih dari tujuh jam untuk menyelesaikan operasi. Pendonor bernama Patrick Ryan adalah seorang buruh berusia 26 tahun yang dipindahkan dari Rumah Sakit King College dan segera memindahkan jantungnya setelah kematiannya.

Membaca dari sebuah pernyataan di tangga rumah sakit, seorang juru bicara mengatakan “Ini peristiwa yang jarang terjadi. (kondisi) Pasien sejauh yang kita tahu adalah memuaskan”.

Pria itu pulih dengan baik meski reaksinya terhadap implan diperkirakan kritis pada 10 sampai 14 hari ke depan. Ross yang didampingi oleh tim bedah, mengatakan operasi berlangsung sekitar dua jam meskipun faktanya, mereka bekerja bersama-sama selama lebih dari tujuh jam.

Tanda pertama operasi bersejarah ini akan terjadi datang pada pukul 11.50 waktu setempat ketika Donald Longmore, konsultan rumah sakit fisiologi klinis, dikawal oleh dua mobil polisi ke Rumah Sakit King College.

Pada 13.30 waktu setempat, ia melaju kembali ke Rumah Sakit Jantung Nasional bersama ambulans yang membawa donor. Setengah jam kemudian, tahap awal operasi berada dilakukan.

Wartawan dan fotografer berkemah di luar gedung secepat rumor operasi mulai beredar.

Operasi di Inggris ini adalah transplantasi jantung ke-10 yang dilakukan di dunia sejak dokter Christian Barnard melakukan yang pertama di Cape Town, Afrika Selatan, Desember lalu.

Selanjutnya: Latvia Deklarasikan Kemerdekaan

(red/vit/idayat/AH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!