Pewarisan Budaya Adalah Kunci Kemajuan Bangsa

CIAMIS Redaksi.co.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan pembinaan terhadap pengelola kebudayaan di hotel Tiara Selasa dan Rabu (21-22/04/2015).Kegiatan ini diiikuti oleh pengelola...

35 0

CIAMIS Redaksi.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan pembinaan terhadap pengelola kebudayaan di hotel Tiara Selasa dan Rabu (21-22/04/2015).

Kegiatan ini diiikuti oleh pengelola kebudayaan, Kepala UPTD Pendidikan dan perwakilan Kepala Sekolah TK dan SD se-Kabupaten Ciamis.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis Drs. H. Toto Marwoto dalam sambutan pembukaan acara ini mengingatkan, pendidikan dan kebudayaan bagaikan dua sisi mata uang koin yang saling berkaitan.

“Budaya itu harga diri suatu bangsa. Dan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya,” paparnya.

Dia berharap setiap UPTD mempunyai CDtentang kebudayaan di wilayahnya masing-masing agar potensi budaya di daerah dapat terangkat juga bisa langsung diinformasikan kepada anak-anak didiknya.

“Dan pada akhirnya terjadi pewarisan budaya,”katanya.

Selain itu, dia juga berharap, seni budaya di masing-masing daerah dapat dikenal lebih luas.

Sementara itu Kabid Kebudayaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis Dudung Abdulah, juga mengingatkan, pengelola budaya bukan hanya Pemerintah tetapi masyarakatpun harus menjadi pengelola budaya.

“Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi untuk mencintai dan melestarikan budaya serta harus bangga dengan budayanya sendiri,” katanya.

Dia berharap setiap guru di Ciamis memakai bahasa Sunda saat bertatap muka dengan anak didiknya agar transformasi budaya lebih efektif, mengingat anak didik merupakan generasi penerus bangsa.

Para pemateri dalam kegiatan tersebut, selain Kepala Dinas Kabupaten Ciamis, juga Dudung Abdulah, S.IP., M.Pd selaku Kabid Kebudayaan, Drs. H. Wahyu Iskandar, M.M.Pd selaku Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Provinsi Jawa Barat dan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bandung Drs. Toto Sucipto.(Brata)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!