Budidaya Ikan Padi Tambah Keuntungan Bagi Petani

redaksi.co.id - Budidaya Ikan Padi Tambah Keuntungan Bagi Petani Kementerian Kelautan dan Perikanan mengembangkan program ikan padi, penggabungan budidaya ikan air tawar dan padi yang dinilai...

17 0

redaksi.co.id – Budidaya Ikan Padi Tambah Keuntungan Bagi Petani

Kementerian Kelautan dan Perikanan mengembangkan program ikan padi, penggabungan budidaya ikan air tawar dan padi yang dinilai dapat memberikan manfaat lebih bagi petani.

“Petani bisa dapat pendapatan tambahan dari program ikan padi,” ujar Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto di gedung BPPT I, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Hanya perlu disiapkan dalam program ini adalah lahan untuk tempat hidupnya ikan dengan membuat saluran. Ukuran parit pun harus selebar 80 sentimeter sampai 1 meter dan kedalaman 80 sentimeter sampai 1 meter juga.

“Pada saat sebelum semuanya ditebar pupuk kandang dan pupuk organik ini untuk pemupukan dilakukan,” ungkap Slamet.

Slamet menjelaskan, jika lahan sudah siap, padi langsung ditanam. Air yang dibutuhkan untuk budidaya ikan padi mencapai tiga sampai liam sentimeter.

Dalam kurun waktu satu sampai 10 hari padi ditanam dan mulai hijau, petani tidak perlu membeli pupuk buatan, cukup pupuk organik yang harganya murah dan bisa dibuat sendiri.

“Padi mulai tumbuh, benih ikan ini ditebar,” jelas Slamet.

Untuk merealisasikan proyek ikan padi, Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah menyiapkan dana Rp 4,5 miliar tersebar di sejumlah provinsi.

Anggaran tersebut digunakan untuk penambahan lahan seluas 100 hektare di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!