Ingin Efektif Menabung? Yuk Simak Panduan Ini

199

redaksi.co.id – Ingin Efektif Menabung? Yuk Simak Panduan Ini

Setinggi apapun jabatan formal yang disandang seseorang dalam sebuah perusahaan besar, ketika statusnya bukan sebagai pemilik, ia tetap seorang karyawan bagi bisnis orang lain.

Ia tetap seseorang yang bekerja bukan untuk kesejahteraan dirinya semata, namun lebih kepada memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan itu.

Sebaliknya, sekali pun Anda seorang pekerja dalam usaha bisnis Anda sendiri, Anda adalah bos yang bisa menentukan keputusan berkaitan dengan usaha Anda.

Apa pun pekerjaan Anda saat ini, hal yang pasti dan wajib dilakukan oleh semua orang yang sudah bekerja adalah menabung. Dengan menabung, apa pun metode yang digunakan, seseorang dikatakan telah mampu mempersiapkan masa depan Anda baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Sayangnya, tidak semua orang mau menyisihkan pendapatan mereka apalagi bersikap disiplin untuk rajin menabung. Banyak alasan yang dilontarkan terutama oleh para karyawan yang merasa gajinya terlalu sedikit sehingga selalu habis untuk membiayai kebutuhan hidup.

Sebenarnya, jika tidak ada niat untuk menyisihkan pendapatan, akan selalu ada alasan yang melatarbelakangi kita untuk tidak menabung. Hal ini bisa menimbulkan dampak yang cukup buruk.

Tidak memiliki tabungan sama saja dengan mempertaruhkan masa depan Anda, terutama menghadapi kejadian tak terduga yang mungkin akan memaksa Anda mengeluarkan dana yang lebih besar daripada pengeluaran rutin.

Jika Anda tidak mau hal-hal seperti itu terjadi pada Anda, maka Anda harus bisa mengantisipasi dengan kebiasaan menabung.

Beberapa hal berikut bisa Anda gunakan sebagai panduan agar bisa menabung meski pekerjaan sebagai karyawan memberikan pendapatan yang Anda nilai tidak seberapa besar seperti dikutip dari www.cermati.com, Rabu (4/5/2016):

1. Manfaatkan Uang Receh

Hanya karena nominal kecil namun jangan pernah menyepelekan fungsi dari uang receh. Padahal uang ini merupakan uang yang paling mudah untuk Anda relakan dan simpan dalam tabungan.

Tips untuk menabung dengan uang receh adalah memisahkan tabungan berdasarkan bahan uang receh tersebut yaitu uang yang berbahan aluminium, kuningan, serta nikel.

Selain itu, Anda juga bisa memisahkan tabungan uang receh dengan berdasarkan nominalnya. Menabung dengan menggunakan uang receh tak hanya bisa Anda gunakan sebagai langkah awal menabung, namun juga sebagai contoh kepada anak-anak Anda dalam menumbuhkan kegemaran menabung.

2. Adaptasi Cara Orang Kaya Menabung

Beberapa langkah berkaitan dengan tips ini misalnya selalu berhati-hati dengan pengeluaran kecil yang biasanya membuat orang terlena, menghindari sikap belanja untuk mengesankan orang (bukan karena kebutuhan), selalu bekerja lebih keras, bahkan bersedia menyisihkan pendapatan dalam jumlah besar.

3. Buat Catatan

Supaya tabungan Anda menjadi lebih cepat terkumpul, ada tips dan trik lain yang mendukung, seperti kebiasaan untuk selalu membuat catatan pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan baik untuk kegiatan rutin maupun tidak.

Selain itu, hindari kebiasaan bahkan keinginan untuk utang. Usahakan untuk tidak menggunakan opsi ini ketika Anda merasa sedang dalam kesulitan finansial, kecuali untuk keperluan yang sangat mendesak.

4. Sediakan Dana Pribadi

Menabung tak lantas Anda tak memiliki uang pribadi. Anda harus pintar membagi uang Anda ke dalam beberapa bagian seperti uang tabungan atau investasi, uang untuk membayar kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan pendukung, serta tetap menyediakan sejumlah dana yang digunakan untuk kebutuhan pribadi termasuk hiburan.

5. Disiplin Menabung

Mencapai kesuksesan dalam finansial juga membutuhkan perilaku dan sikap disiplin dari para pelaku. Anda tidak bisa memiliki tabungan yang memadai ketika Anda tidak disiplin untuk selalu menyetorkan dana setiap bulan atau mungkin memiliki kebiasaan memotong dana tabungan. Bagaimana pun keadaannya, selalu usahakan untuk tidak mengganggu uang tabungan ini.

6. Motivasi Diri Sendiri

Penerapan disiplin akan lebih mudah dicapai ketika Anda menyadari menabung bukanlah hal yang seharusnya mendapat motivasi dari orang lain. Anda harus memiliki motivasi bagi diri Anda sendiri supaya bisa disiplin menyiapkan masa depan dan salah satu persiapan tersebut berasal dari aspek keuangan.

Kuatkan Sikap Disiplin Anda

Tidak ada orang yang kaya tanpa bersikap disiplin. Seseorang menjadi kaya bukan karena mereka selalu bekerja keras dan meraih pendapatan tinggi, tapi sikap disiplin untuk menata hidup menjadi kunci sukses kondisi finansial mereka.

Jangan memandang orang memiliki harta berlimpah karena sumber pendapatan mereka banyak sehingga mampu membiayai kebutuhan tersier. Aplikasikan sikap antisipasi mereka dalam kehidupan Anda sehingga Anda lebih mampu menghadapi dan menangani risiko yang mungkin muncul di masa mendatang. (Ahm/Nrm)

(red/oudlon/R)

loading...

Comments

comments!