Bangunan Gudang di Mustika Sari Diduga Belum Miliki IMB

BEKASI Redaksi.co.id – Kendati sudah sering kali disosialisasikan terkait Peraturan Daerah No 15 Tahun 2015 tentang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), ternyata masih ada saja yang membandel, dan...

54 0

BEKASI Redaksi.co.id – Kendati sudah sering kali disosialisasikan terkait Peraturan Daerah No 15 Tahun 2015 tentang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), ternyata masih ada saja yang membandel, dan nekat membangun tanpa IMB.

Seperti bangunan gudang yang saat ini sedang dikerjakan pembangunannya di wilayah Kelurahan Mustika Sari Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi.

Bangunan yang sudah mencapai kurang lebih 50 persen pembangunannya ini diduga tidak mengantongi IMB dari pemerintah setempat.

Informasi yang beredar menyebutkan, ada oknum di pemerintahan yang membekingi. Oknum disebut-sebut mempersilahkan gedung itu dibangun dan pengurusan ijin belakangan.

Lurah Mustika Sari Deden Septiana ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tidak pernah memerintahkan staff-nya untuk melakukan hal itu.

“Kalau memang ada yang seperti itu, berarti oknum yang membangkang, karena dia melakukan hal itu bukan atas perintah saya,” katanya.

Diingatkannya, dirinya diminta oleh pimpinannya untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah karena memang Pendapatan Asli Daerah di Kecamatan Mustika Jaya masih di bawah target.

“Berarti kita ini yang di kelurahan harus membantu Kecamatan untuk menggali potensi itu, di antaranya soal perijinan IMB. Semua pihak yang membangun harus menyetor retribusi IMB tersebut ke pemerintah daerah melalui kecamatan,”katanya.

Terkait adanya bangunan yang diduga menyalahi aturan dan melanggar Perda itu Lurah Mustika Sari pun mengatakan itu ada bagiannya masing masing yang membidanginya untuk menindaknya.

Sementar itu, Habibi seorang warga setempat menyayangkan adanya bangunan gudang yang tidak mengantongi IMB.

Seharusnya, kata Habibi, sesuai Peraturan Daerah Kota Bekasi No 15 tahun 2012 kan sudah jelas dasar hukumnya.

Dia mengingatkan, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 15 Kota Bekasi tahun 2012, pasal 37 tegas menyebutkan terhadap bangunan yang dibangun oleh perorangan atau badan hukum tanpa dilengkapi Izin Mendirikan Bangunan oleh Pemerintah Daerah dapat dikenakan tindakan : 1. Peringatan tertulis berturut-turut sampai 3 kali; 2. Apabila peringatan tiga kali tetap belum diindahkan, Walikota dapat memerintahkan Kepala Dinas yang berwenang melakukan penyegelan dan pembongkaran terhadap bangunan tersebut.(Pandi)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!