Tebing di Bogor Longsor, 20 Rumah Terancam Ambruk

redaksi.co.id - Tebing di Bogor Longsor, 20 Rumah Terancam Ambruk Setelah didera hujan deras, tebing setinggi 40 meter di Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor,...

53 0

redaksi.co.id – Tebing di Bogor Longsor, 20 Rumah Terancam Ambruk

Setelah didera hujan deras, tebing setinggi 40 meter di Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Baratmengalami longsor pada Kamis 21 April 2016.

Akibatnya, sebanyak 20 rumah di Puri Citayam Permai, Kompleks LIPI RT 08/11 kini terancam ambruk.

Seorang warga, Agus Darmawan Setiadi menuturkan, ancaman longsor dari tebing yang terbentang sekitar 20 meter itu kini semakin dekat dengan permukiman warga.

Setiap diguyur hujan, kata dia, tebing itu terus terkikis dan terbawa arus Sungai Ciliwung. Saat ini saja, lanjut Agus, jarak antara rumah warga dengan bibir tebing tak kurang dari 1 meter.

“Jalan sudah terkikis habis, kini rumah warga terancam. Kami sangat cemas,” kata Agus yang rumahnya juga terancam longsor di lokasi, Kabupaten Bogor, Jabar, Selasa (3/5/2016).

Jika kondisi ini terus dibiarkan, rumah warga bakal ambruk terseret longsor.

Ketua RT 08/11, Ibrahim mengatakan, kejadian longsor sudah berlangsung selama 11 hari. Namun hingga kini belum ada perhatian dari pemerintah setempat.

“Sejak awal kejadian kami sudah melapor ke pihak kecamatan dan desa, tapi belum ada satupun yang meninjau lokasi,” ujar Ibrahim.

Sementara itu, Sekretaris Camat Bojong Gede Farid Ma’aruf mengaku baru mendengar kabar tentanglongsor ini. “Ah serius,” ucap Farid saat dikonfirmasi melalui layanan pesan singkat.

Dirinya mengaku akan segera melaporkan perihal kejadian tersebut kepada Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Bogor untuk ditindaklanjuti.

“Ini ranah Dinas Bina Marga. Saya laporin ke Dinas Bina Marga ya,” tandas sang camat.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!