Joey Alexander Main di Gedung Putih Bareng Legenda Jazz Dunia

195

redaksi.co.id – Joey Alexander Main di Gedung Putih Bareng Legenda Jazz Dunia

Pianis muda Indonesia, Joey Alexander, belum lama ini hadir dalam gelaran jazz di Gedung Putih, Washington DC, Jumat (29/4/2016) lalu. Tak hanya itu, musikus yang namanya sedang melejit di kancah internasional itu juga tampil di hadapan Presiden Amerika Serikat Barack Obamadan selebritas dunia.

Disampaikan oleh New York Times, Sabtu (30/4/2016), Joey kala itu tampil sebagai trio bersama musikus jazz dunia seperti saksofonis Wayne Shorter dan pemain bass Esperanza Spalding. Mereka membawakan satu komposisi lama bertajuk “Footprints” yang aslinya rilis tahun 1966.

Diketahui, gelaran musik jazz bertajuk International Jazz Day All-Star Global Concert tersebut digelar di halaman belakang kediaman resmi sang Presiden Amerika Serikat. Permainan Joey sendiri dinilai mengalir seperti air sungai.

Banyak yang terpukau setelah menyadari usia sang pianis masih 12 tahun. Padahal, Wayne Shorter kini telah berusia 82 dan sudah mempopulerkan lagu sendiri sejak 1958. Sementara itu, Spalding yang juga mahir bermain celo dan bernyanyi kini sudah berusia 31 tahun.

Aktor Morgan Freeman yang menjadi pembawa acara juga menyebut usia spesifik Joey Alexander sebelum trio tersebut tampil. Freeman juga menyebut Wayne Shorter sebagai legenda dan Esperanza Spalding sebagai pemenang Grammy.

All-Star Global Concertdigelar untuk merayakan International Jazz Day yang jatuh pada 29 April. Acara ini digelar oleh UNESCO dan sempat hadir di kota-kota yang berbeda setiap tahunnya. Pada 2015, Paris menjadi tuan rumah dan sebelumnya acara ini diselenggarakan di Osaka, Jepang.

Memberi sambutan di Gedung Putih, Obama menyampaikan bahwa di tahun ini, musik jazz kembali ke tanah asalnya, Amerika. “Malam ini saya mengundang semua musikus jazz favorit untuk tampil di halaman belakang White House, salah satu keuntungan menjadi presiden,” ucapnya.

Musisi dan penyanyi papan atas yang tampil dalam kesempatan tersebut antara lain adalah Herbie Hancock, James Morrison, Bobby Watson, Aretha Franklin, Al Jarreau, Jamie Cullum, Chick Corea, Pat Metheny, Marcus Miller, Sting, hingga Buddy Guy.

Selain Joey Alexander, Morgan Freeman, dan musisi jazz ternama, Entertainment Weekly menyebut beberapa nama selebritis dunia yang hadir ke Gedung Putih. Sebut saja Helen Mirren, Kerry Washington, Will Smith, hingga Kendall Jenner.

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!