6 Hal Penyebab Bisnis Jadi Gagal

redaksi.co.id - 6 Hal Penyebab Bisnis Jadi Gagal Sejatinya kegagalan dalam sebuah bisnis merupakan hal yang biasa dan wajar yang akan dialami oleh setiap pebisnis, baik...

14 0

redaksi.co.id – 6 Hal Penyebab Bisnis Jadi Gagal

Sejatinya kegagalan dalam sebuah bisnis merupakan hal yang biasa dan wajar yang akan dialami oleh setiap pebisnis, baik pebisnis awal maupun pebisnis yang telah bertahun tahun dalam menjalankan bisnisnya.

Jadi gagal dalam bisnis jangan dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan namun jadikan kegagalan sebagai pembelajaran serta tantangan agar bisa bangkit dan membangun kembali bisnis yang baru.

Namun setiap orang yang melakukan bisnis tentunya tidak ingin mengalami kegagalan. Perlu usaha dan strategi untuk mengembangkan bisnis serta mengupayakannya agar tidak gagal.

Tak sedikit mereka yang gagal bisnis dan enggan memulai kembali bisnisnya. Untuk itulah perlu mental yang kuat sebelum memutuskan untuk berbisnis karena kemungkinan untuk gagal selalu ada.

Sebelum mulai berbisnis ada baiknya untuk mencermati berbagai hal yang akan membuat bisnis gagal. Berikut 6 hal penyebab bisnis Anda gagal seperti dikutip dari www.cermati.com, Kamis (5/5/2016) :

1. Hanya Fokus Pada Produk Saja

Memberikan perhatian pada produk bisnis Anda memang baik dan sangat disarankan. Namun jika Anda hanya terfokus pada produk tersebut maka akan menjadi percuma sebagus apapun produk yang dikembangkan namun tanpa memikirkan pemasaran produk tersebut.

Maka akan membuat produk tersebut tidak akan dilirik oleh orang lain. Oleh karena itu jangan hanya terfokus pada produk saja namun perhatikan pula mengenai pemasarannya.

2. Jangan Cepat Mengambil Keputusan

Dalam menjalankan bisnis memang ada kalanya Anda harus mengambil keputusan dengan cepat. Namun bukan berarti Anda tidak memikirkan serta mempertimbangkannya terlebih dahulu. Mengambil keputusan terlalu cepat tanpa pertimbangan apapun akan mengakibatkan bisnis yang telah Anda jalani jatuh atau gagal.

3. Kurangnya Inovasi

Sebuah bisnis yang sukses umumnya berangkat dari inovasi-inovasi yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya berkembang.

Jika Anda terlalu puas dengan hasil saat ini tanpa memikirkan strategi dan inovasi baru maka lambat laun perusahaan Anda akan tertinggal dan akhirnya gagal.

Perlu diketahui permintaan pasar selalu mengalami perubahan. Untuk itulah Anda perlu membuat inovasi inovasi yang baru dan segar yang akan membuat orang tertarik pada bisnis atau produk Anda.

4. Pengelolaan Bisnis yang Salah

Banyak bisnis yang gagal karena salah dalam pengelolaan bisnis tersebut. Pengelolaan bisnis tidak hanya berkaitan mengenai hal hal secara teknis. Namun pengelolaan bisnis harus dilakukan pada segala aspek.

Misalnya saja pengelolaan keuangan. Jika salah satu bahkan banyak aspek pada perusahaan pengelolaannya salah maka Anda harus menerima bahwa bisnis yang Anda jalani akan gagal. Oleh karena itu berusahalah untuk melakukan pengelolaan bisnis yang benar dan tidak terfokus pada satu hal saja.

5. Terlalu Terbawa Emosi

Ketika Anda hendak akan melakukan bisnis hindari untuk terbawa emosi. Umumnya Anda akan tertarik pada tawaran-tawaran yang datang yang sangat menarik dengan keuntungan yang besar.

Jika Anda menyetujuinya tanpa mempertimbangkan serta memperhitungkannya maka peluang bisnis gagal pasti datang. Seringkali keuntungan yang didapat besar maka semakin besar pula resiko yang Anda dapat.

6. Tidak Ada Arus Keuangan

Dalam sebuah bisnis, keuangan menjadi hal yang sangat penting dan menjadi pertanda akan keberhasilan sebuah bisnis. Saat arus keuangan tidak berjalan maka hal itu sebagai tanda bahwa bisnis sudah tidak berjalan dan lambat laun akan mengalami kegagalan.

Perlu penyesuaian arus keuangan dalam bisnis yakni antara biaya operasi, biaya investasi serta biaya penghasilan yang sesuai. Karena itu usahakan agar arus keuangan perusahaan tetap berjalan sehingga perusahaan terhindar dari kegagalan.

Tidak Hanya Kerja Keras

Itulah di atas beberapa hal yang dapat menyebabkan bisnis yang telah Anda bangun jatuh dan gagal. Setiap orang pastinya tidak ingin mengalami hal tersebut, oleh sebab itu perlu usaha dan kerja keras dalam menjalankan perusahaan serta menjaga dan menghindari dari penyebab-penyebab kegagalan bisnisperusahaan.

Selain melihat penyebab penyebab kegagalan bisnis di atas. Untuk memulai sebuah bisnis apapun perlu mental dan keyakinan yang cukup kuat sehingga saat Anda menjalani bisnis dapat bertahan ketika menghadapi kondisi kegagalan serta tetap berusaha dan mengupayakan agar bisnis Anda tidak gagal. (Ahm/Ndw)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!