Ingin Sukses Dapat Bunga Kredit Rendah? Simak Trik Ini

redaksi.co.id - Ingin Sukses Dapat Bunga Kredit Rendah? Simak Trik Ini Rumah sebagai tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan yang kini banyak dicari anak muda. Apalagi...

27 0

redaksi.co.id – Ingin Sukses Dapat Bunga Kredit Rendah? Simak Trik Ini

Rumah sebagai tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan yang kini banyak dicari anak muda. Apalagi tren yang berkembang kini, mapan sebelum memiliki keluarga.

Tentu saja hal ini akan membantu dan mendukung orang muda saat berkeluarga. Mereka tak harus sempat menumpang di rumah orang tua, tak harus mengeluarkan biaya sewa rumah kontrak, dan berbagai keuntungan lain yang lebih banyak didapat dengan memiliki rumah pribadi.

Banyaknya orang yang ingin memiliki rumah pribadi ini terkadang belum didukung dengan kondisi finansial yang bisa dikatakan masih kecil.

Untungnya, berbagai lembaga keuangan khususnya bank memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah pribadi dengan menawarkan produk kredit bunga rendah.

Opsi ini tentu saja sangat membantu mereka yang membutuhkan dana cukup besar. Namun kemampuan mengangsur bisa lebih menyesuaikan keadaan finansial.

Akan tetapi, perlu diketahui mendapatkan kredit dengan bunga rendah ini tidak sembarang dan bisa dikatakan cukup rumit bagi sebagian orang.

Karena itu, kami menyediakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kredit bunga rendah, terutama bagi yang membutuhkan dana ini untuk keperluan usaha maupun membangun rumah.

1. Perhatikan Suku Bunga Bank Indonesia (BI)

Selalu cek tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh BI ketika Anda akan menandatangani surat perjanjian tersebut. Ketahui dalam salah satu isi perjanjian tersebut menyatakan suku bunga kredit yang berlaku merupakan suku bunga ketika perjanjian dilakukan dan disetujui baik Anda sebagai peminjam maupun pihak bank.

Karena itu, usahakan untuk mengajukan kredit ketika BI sedang menurunkan tingkat suku bunga agar bank tempat Anda akan meminjam dana juga menurunkan suku bunga kredit mereka.

2. Lakukan Perbandingan

Anda disarankan untuk tidak malas dalam mengecek dan membandingkan suku bunga kredit pada beberapa bank. Tidak jarang beberapa bank mungkin akan melakukan tindakan ekstrem untuk menetapkan suku bunga pada tingkat terendah dan tenor terpanjang. Momen yang pas dan sangat mendukung bagi Anda bukan?

3. Perhatikan Suku Bunga Sebelum Perjanjian Ditandatangani

Jangan sampai lupa untuk memeriksa kembali suku bunga kredit bank bersangkutan ketika Anda akan menandatangani perjanjian tersebut. Ketahui tidak ada yang tidak bisa dinegosiasikan selama perundingan kredit ini selama tidak saling merugikan.

4. Minta Keringanan

Anda juga bisa meminta keringanan kepada pihak bank agar menyamakan suku bunga kredit saat ini apabila pada saat menandatangani perjanjian kredit tersebut Anda sudah terlanjur menyetujui saat tingkat suku bunga cukup tinggi. Kuncinya adalah kemampuan komunikasi, negosiasi, dan tidak merugikan pihak lain.

5. Jalin Hubungan yang Baik dengan Bank

Segala perilaku Anda akan diamati pihak bank sebagai penilaian kepribadian yang menentukan kerja sama di masa mendatang. Apakah Anda termasuk orang yang disiplin atau tidak, atau Anda cenderung terlalu luwes sehingga tidak bisa cocok dengan peraturan dari bank, dan lain-lain.

Jalinlah hubungan yang baik dengan pihak bank. Selain mendapatkan penilaian baik yang akan mempermudah Anda untuk menjalin kerja sama di masa mendatang, Anda juga akan mendapatkan keuntungan berupa berbagai informasi baru serta kemudahan lainnya.

6. Selalu Update Informasi

Kunci dari keberhasilan Anda mendapatkan kredit bunga rendah adalah rajin mencari informasi terutama dengan tingkat suku bunga bank. Anda juga disarankan untuk terus menjaga komunikasi dengan pihak bank yang bersedia memberikan kredit. Hubungan yang harmonis dengan pihak bank akan membantu Anda mendapatkan bantuan secara lebih mudah dari bank.

7. Kemampuan dalam Bernegosiasi Sangat Dibutuhkan

Kunci lain untuk kredit bunga rendah ini terletak dari kemampuan individual Anda dalam mempengaruhi dan bernegosiasi secara adil sehingga tidak ada yang dirugikan dalam perjanjian ini.

Selain itu sikap disiplin dan saling menghormati juga bisa membuat Anda menjadi konsumen yang disenangi oleh pihak bank. Hal-hal kecil seperti inilah yang dinilai lebih oleh bank sehingga ketika sudah ada hubungan yang loyal, bank tidak akan ragu untuk memberikan bantuan pada Anda.

Gunakan Pinjaman Sesuai dengan Kebutuhan

Hal yang pasti harus dilakukan setelah mendapatkan pinjaman dan menggunakannya untuk keperluan Anda, jangan lupa untuk membayar angsuran pinjaman secara disiplin dan rutin.

Hindari kebiasaan menunda-nunda pembayaran atau pelunasan supaya Anda tidak semakin terbebani dengan biaya-biaya lain yang muncul sebagai konsekuensi dalam memiliki rumah pribadi, misalnya pengeluaran untuk biaya listrik, air, pajak, dan lain-lain. Selamat mencoba! (Ahm/Nrm)

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!