Tower Grapari Disegel Warga

redaksi.co.id - Tower Grapari Disegel Warga Warga Jl Terusan Batu Bara, RT/RW 01/09 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, yang menyegel satu tower milik PT Grapari...

31 0

redaksi.co.id – Tower Grapari Disegel Warga

Warga Jl Terusan Batu Bara, RT/RW 01/09 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, yang menyegel satu tower milik PT Grapari menyayangkan kompensesi yang diberikan perusahaan itu terhadap warga yang rumahnya berada di sekitat lokasi tower.

“Kompensasi hanya Rp 100.000 per kepala keluarga. Yang dapat hanya tujuh rumah. Padahal ada puluhan rumah di sekitar tower,” kata Imam S, Wakil Ketua RT 01.

Besaran kompensasi itu juga berlaku untuk sepuluh tahun. Nilai itu dianggap terlalu kecil dibanding dengan risiko yang bisa saja warga terima jika terjadi masalah dengan tower setinggi 43 meter itu.

Itu sebabnya, apabila ada perpanjangan izin gangguan, warga meminta kompensasi dirundingkan kembali.

Mereka akan mengajukan tawaran Rp 500.000 per tahun per kepala keluarga yang terdampak.

“Soalnya risikonya tinggi. Sejak ada tower, kalau ada petir besar, beberapa kali ada sautan ke televisi dan sambungan telepon warga. Belum lagi adanya radiasi,” tambah dia.

Ada tiga jenis kompensasi yang diberikan perusahaan. Selain kompensasi buat warga, ada juga kompensasi iuran buat RT dan RW.

Untuk iuran RT kompensasi yang diberikan Rp 100.000 per bulan. Sementara untuk RW besarannya Rp 50.000 per bulan.

Untuk kedua iuran ini, warga merasa tidak ada masalah. Selain itu, warga juga meminta kejelasan surat-surat perpanjangan operasional tower yang baru setelah masa kontraknya habis pada 2013 lalu.

“Iuran untuk RT dan RW juga sudah tidak ada lagi. Terakhir September 2014. Kami inginnya jelas apa saja yang tertuang dalam perjanjian terutama yang menyangkut Izin Gangguan (HO),” tambahnya.(*)

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!