Kupu-kupu Waria dari Selatan Inggris

redaksi.co.id - Kupu-kupu Waria dari Selatan Inggris Fenomena banci ternyata juga dijumpai di dunia binatang. Dari 10 ribu kupu-kupu yang dilahirkan, misalnya, satu ekor di antaranya...

39 0

redaksi.co.id – Kupu-kupu Waria dari Selatan Inggris

Fenomena banci ternyata juga dijumpai di dunia binatang. Dari 10 ribu kupu-kupu yang dilahirkan, misalnya, satu ekor di antaranya adalah “waria”. Kupu-kupu ini diketahui berkelamin ganda dengan warna sayap yang berbeda antara sebelah kanan dan kiri.

Serangga banci yang dikenal sebagai gynandromorph ini sangat menakjubkan. Para ilmuwan tertegun sewaktu melihat kupu-kupu ini muncul pertama kali dari kepompong. Sayap merah muda menunjukkan sisi jantan dan sayap putih atau biru menunjukkan sisi betina dari kelaminnya.

Ini adalah fenomena alam paling langka yang dijumpai pada kupu-kupu. Kemungkinan munculnya gynandromorph hanya 0,01 persen dari total kupu-kupu yang ditetaskan.

Kupu-kupu “waria” ini menetas di Butterfly World Project di Chiswell Green, Hertfordshire, selatan Inggris. Seorang pelajar yang sedang mengikuti karya wisata melihat kupu-kupu itu saat ditetaskan.

Para ilmuwan yang mempelajari fenomena ini mengatakan kupu-kupu “waria” bisa terjadi ketika kromosom seks gagal memisahkan diri selama masa pembuahan.

Nama ilmiah kupu-kupu “waria” tersebut adalah Papilio rumanzovia, yang juga dikenal sebagai Scarlet Mormon. Ciri morfologinya sangat khas, yakni pembagian seks terjadi lurus di sepanjang perut, membagi tubuh kupu-kupu ini menjadi dua bagian dengan kelamin berbeda.

Louise Hawkins, pakar kupu-kupu di Butterfly World, tampak girang dengan temuan ini. “Saya merasa terhormat bisa menyaksikan fenomena langka seperti ini,” ujarnya. Sayangnya, kupu-kupu unik ini lahir tanpa belalai sempurna. Padahal belalai kupu-kupu berfungsi mengisap sari bunga sebagai makanannya.

DAILYMAIL | AMRI MAHBUB

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!