Minim Peminat , Waktu Rekrutmen PPK Pilkada Diperpanjang

355

REMBANG Redaksi.co.id – Lantaran peminat menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan pilkada minim, KPU Kabupaten Rambang akhirnya memperpanjang waktu rekrutmen PPK hingga tanggal 28 April mendatang.

Pada masa berakhirnya pendaftaran hari Rabu (23/4) kemarin jumlahnya masih rendah.

Rendahnya jumlah pendaftar salah satu penyebabnya yakni akibat dari larangan mendaftar bagi mantan PPK yang sudah dua kali menjabat, terang Komisioner KPU Rembang M Salam, Kamis (24/4).

KPU menolak disebut kurang gencar sosialisasi, karena pengumuman pendaftaran sudah dilakukan hingga level kecamatan.

Perpanjangan masa pendaftaran ini tak mengganggu tahapan. Sebab, tahapan pembentukan PPK berlangsung hingga 18 Mei mendatang, terangnya.

Selain PPK, larangan yang sama juga berlaku untuk rekrutmen panitia pemungutan suara (PPS) dan kelompok panitia pemungutan suara (KPPS).

Dia mengakui, masing-masing tingkat penyelenggara itu akan diisi oleh para personel baru.

Ini menjadi tantangan bagi KPU untuk menggiatkan pembinaan, supervisi, dan fasilitasi. Sisi baiknya, KPU bakal mendapat tenaga baru yang lebih segar, katanya.

Soal kemungkinan perubahan aturan yang melarang mantan PPK mendaftar lagi di Pilkada 2015, Salam mengaku tak tahu.

Jika ada perubahan aturan dari KPU Pusat, maka perpanjangan masa rekrutmen ini, menjadi keuntungan tersendiri, katanya.

Sementara itu, hingga pukul 16.01 WIB, kemarin, jumlah pendaftar PPK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang Tahun 2015, mencapai 87 orang. Pendaftar PPK Lasem, Pamotan, dan Kragan, tercatat paling antusias karena mencapai belasan orang.

Sementara Kecamatan Sulang dan Sluke, masing-masing masih satu pendaftar, kemudian Sarang tiga pendaftar, lalu Rembang, Kaliori, Gunem, dan Pancur masing-masing masih lima pendaftar, selanjutnya Sale enam pendaftar, serta Sumber dan Sedan masing-masing delapan pendaftar.(Hasan)

loading...

Comments

comments!