Israel akan Buka Kantor di Markas NATO

redaksi.co.id - Israel akan Buka Kantor di Markas NATO Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan rencana membuka kantor di Brussels yang merupakan markas besar NATO, Rabu...

10 0

redaksi.co.id – Israel akan Buka Kantor di Markas NATO

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan rencana membuka kantor di Brussels yang merupakan markas besar NATO, Rabu (3/5). Netanyahu mengatakan Israel menerima undangan NATO untuk membuka kantor permanen.

Ini akan menjadi peningkatan signifikan dalam hubungan Israel dengan blok beranggota 28 negara itu. Israel saat ini adalah rekan Dialog Mediterania NATO bersama enam negara Mediterania lain, seperti Mesir, Algeria, Tunisia, Yordania, Mauritania dan Maroko.

“Ini adalah sesuatu yang kami rencanakan selama beberapa tahun,” kata dia dalam rapat kabinet mingguan. Menurutnya, langkah ini penting bagi dunia. “Negara-negara di dunia ingin bekerja sama dengan kami karena perjuangan kami melawan terorisme, pengetahuan teknologi, penempatan intelegen dan lainnya,”.

Rencana ini tidak disambut baik banyak pihak, salah satunya Turki. Pada September 2011, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan pada media bahwa negaranya sukses memblokir langkah Israel membuka kantor di NATO.

“Kami memveto rencana itu hingga tidak dibahas dalam agenda,” kata dia. Saat itu, tensi antara Yerusalem dengan Ankara sedang tinggi karena insiden Mavi Marmara yang terjadi tahun sebelumnya.

Insiden itu membuat Turki memblok partisipasi Israel dalam setiap acara NATO. Turki adalah negara anggota NATO yang cukup berpengaruh. Namun kini, langkah Israel tak terbendung. Netanyahu mengatakan langkah ini penting untuk peningkatan keamanan Israel.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!