Fakta Penting MotoGP Prancis: Lorenzo Superior di Le Mans

redaksi.co.id - Fakta Penting MotoGP Prancis: Lorenzo Superior di Le Mans Balapan seri ke-5 MotoGP akan berlangsung di Prancis akhir pekan ini. Sirkuit sepanjang 4,273 km...

15 0

redaksi.co.id – Fakta Penting MotoGP Prancis: Lorenzo Superior di Le Mans

Balapan seri ke-5 MotoGP akan berlangsung di Prancis akhir pekan ini. Sirkuit sepanjang 4,273 km ini sirkuit yang angker bagi pembalap. Tingkat kecelakaan yang tinggi di sirkuit ini, membuat Le Mans tergolong lintasan yang menantang.

Selain angka kecelakaan, faktor alam bakal menjadi rintangan bagi para pembalap. Sulit menebak cuaca di sirkuit ini. Angin kencang dan hujan bisa saja terjadi tiba -tiba di trek ini. Catatan itu membuat balapan MotoGP akhir pekan ini bakal berlangsung menarik.

Juara dunia bertahan MotoGP, Jorge Lorenzo tampil menjadi juara pada MotoGP 2015 lalu. Posisi dua ditempati Valentino Rossi dan Andrea Divisiozo finis di urutan ke-3.

Para pembalap dituntut mengeluarkan kemampuan ekstra dalam balapan, terutama mengatasi rintangan alam seperti angin kencang dan hujan ketika lomba.

menghadapi rintangan cuaca di samping meningkatkan kewaspadaan mengingat tingkat kecelakaan yang tinggi di lintasan ini. Pemasok ban MotoGP, Michelin sendiri menggunakan tiga senyawa, lunak, intermediate dan keras pada balapan akhir pekan ini.

Pabrikan ban asal Prancis ini dilaporkan juga sudah menyiapkan senyawa baru yang lebih lembut untuk mengatasi suhu rendah.

Berikut data dan fakta menarik jelang Grand Prix Prancis sebagaimana dikutip dari Super Sport:

1. Akhir pekan ini, sirkuit Le Mans bakal menggelar Grand Prix ke-27 di ajang Motor Grand Prix.

2. Pembalap asal Italia, Giacomo Agostini menjadi rider pertama yang berhasil menjuarai di GP Prancis pada 1969 di kelas 500cc. Ketika itu, Agostini memperkuat tim MV Agusta.

3. Hanya ada lima pembalap asal Perancis yang merebut juara di Le Mans. Mereka adalah Jean Aureal di GP125 1969, Guy Bertin di GP125 1979, Patrick Fernandez di GP350 1979, Mike di Meglio di GP125 2008 dan Louis Rossi di Moto3 2012.

4. Sejak era MotoGP pada 2002, hanya rider Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo yang paling banyak mengoleksi juara. Lorenzo lima kali naik podium pertama. Sedangkan, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi tercatat hanya empat kali.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!