Daftar Pemain Pendulang Assist bagi Klub-klub Indonesia

redaksi.co.id - Daftar Pemain Pendulang Assist bagi Klub-klub Indonesia Ajang Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo kian berjalan seru. Sebab, persaingan kian merata karena tim-tim...

36 0

redaksi.co.id – Daftar Pemain Pendulang Assist bagi Klub-klub Indonesia

Ajang Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo kian berjalan seru. Sebab, persaingan kian merata karena tim-tim besar yang biasanya dengan mudah mendominasi justru banyak yang tersandung pada pekan kedua.

Arema Cronus, Persib Bandung hingga Persipura Jayapura gagal meraih kemenangan usai sama-sama bermain imbang 0-0. Singo Edan ditahan oleh Madura United, Persib oleh Pusamania Borneo FC dan yang terakhir Persipura ditahan Bali United di Stadion Mandala.Sulitnya mencetak gol disinyalir, selain faktor masih beradaptasi dengan format kompetisi panjang, para pemain yang berposisi sebagai penyerang juga kurang mendapatkan asupan umpan matang. Peran para gelandang begitu sentral untuk melayani striker.

Kebutuhan klub akan pemain yang bisa memberikan gol memang penting. Namun, kebutuhan klub terhadap pemain yang bisa memberikan assist tak kalah penting demi mendapatkan hasil positif dalam sebuah pertandingan.

Untuk itu, Liputan6.com mencoba membahas deretan pemain-pemain andal yang bisa mendulang banyak assist di klubnya masing-masing:

1. Firman Utina

Kualitas Firman dalam urusan mengirimkan umpan matang memang sudah tidak usah diragukan lagi. Pemain asal Manado ini merupakan salah satu talenta terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Firman berposisi sebagai gelandang tengah. Dia menempati peran sebagai playmaker, yakni mengatur serangan. Eks-pemain Persita Tangerang ini memiliki gaya bermain yang simpel dan tak terlalu senang untuk menggiring bola dan melewati lawan.

Kelebihan Firman lain adalah pintar membaca pertandingan. Dia mengetahui kapan harus mengirimkan umpan yang tepat. Tipe permainan yang cenderung efektif dan atraktif yang dimiliki Firman diprediksi bisa memanjakan duet penyerang Hilton Moreira dan Beto Goncalvez.

2. Ismed Sofyan

Ismed merupakan ikon Persija Jakarta selain Bambang Pamungkas. Pemain asal Aceh ini sangat loyal lantaran telah memperkuat Macan Kemayoran sejak tahun 2003.

Berposisi sebagai bek kanan, peran utama Ismed sebenarnya adalah bertahan. Namun, dia memiliki kelebihan lain yakni sangat hebat dalam mengirimkan umpan.

Mantan pemain Persijatim ini sangat rajin untuk membantu serangan. Jadi, tak aneh jika melihat Ismed bisa maju hingga ke daerah lawan meski posisi-nya adalah pemain belakang.

Ismed sangat piawai memberikan umpan silang ke kotak penalti. Lengkungan bolanya dari sisi kanan lapangan kerap kali membuat para penyerang Persija sangat dimanjakan. Faktor kehebatan ini pula yang membuat Bambang Pamungkas bisa mencetak banyak gol untuk Persija Jakarta.

3. Srdjan Lopicic

Arema mendapat keuntungan besar usai mendapatkan jasa Lopicic. Sebab, pemain asal Montenegro ini merupakan gelandang yang apik dalam urusan mengirimkan umpan.

Berbeda dengan Firman Utina, Lopicic selain andal membaca pertandingan juga memiliki skill individu yang mumpuni untuk melewati lawan. Pemain berusia 32 tahun ini juga selalu bergerak bebas di lapangan yang membuat lawan sering kebingungan menjaganya.

Lopicic dilengkapi dengan kemampuan mengirimkan assist yang baik. Pada laga pertama Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, hal itu sudah dia tunjukkan.

Saat itu, eksekusi tendangan bebasnya berhasil disundul oleh Cristian Gonzales. Sayang, bola berhasil ditepis kiper Beruang Madu sebelum akhirnya disambar oleh Hamka Hamzah.

4. Robertino Pugliara

Kualitas Robertino sebagai pengirim umpan sudah tidak usah diragukan lagi. Sebab, pemain asal Argentina ini dikenal memiliki umpan-umpan terobosan yang sangat berbahaya bagi lini pertahanan lawan.

Saat masih berseragam Persipura Jayapura, Robertino sangat sentral di lapangan tengah. Bahkan dia mampu membuat rata-rata 11 peluang dan dua assist dalam lima pertandingan pada gelaran Piala Jenderal Sudirman.

Sebelum bergabung dengan Persib Bandung untuk Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, Robertino sempat berseragam PS Polri untuk gelaran Torabika Bhayangkara Cup 2016. Di turnamen ini dia juga tampil apik dengan mencetak satu gol dalam empat pertandingan.

Kendati saat ini kehebatan Robertino belum tampak bersama Persib, tapi seiring berjalannya waktu pemain asal Argentina ini akan kembali masuk dalam deretan pemain yang bisa mendulang banyak assist di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Penulis: Yosef Deny Pamungkas.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!