Rumah Mewah Bekas Kantor Nazi Dijual Rp 73,37 Miliar

redaksi.co.id - Rumah Mewah Bekas Kantor Nazi Dijual Rp 73,37 Miliar Salah satu rumah mewahdi Glebe, Lyndshurst, dijual dengan harga 7,5 juta dolar Australia atau setara...

31 0

redaksi.co.id – Rumah Mewah Bekas Kantor Nazi Dijual Rp 73,37 Miliar

Salah satu rumah mewahdi Glebe, Lyndshurst, dijual dengan harga 7,5 juta dolar Australia atau setara Rp 73,37 miliar.

Lyndhurst dibangun pada 1833 oleh arsitek Inggris, John Verge, untuk ahli bedah dan pasturalis Dr James Bowman, yang merupakan menantu dari pelopor wol, John dan Elizabeth Macarthur.

Dikutip dari News.com.au, Senin (9/5/2016), pada 1847 saudara ipar Bowman, James dan William Macarthur, terpaksa menjual rumah itu ke Bank of Australasia untuk menutupi utang-utangnya.

Lyndhurstyang telah berdiri sekitar 2 abad digunakan untuk berbagai hal, mulai dari sekolah teologi,pabrik acar dan sapu, rumah sakit, bahkan menjadi kantor pusat Partai Nazi Australia.

Di Australia, Partai Nazi atau Partai Sosialis NasionalAustralia merupakan partai minoritas yang aktif pada 1960 dan 1970-an.

Partai tersebut ikut mengirim kandidat, yakni pendiri partaiTed Cawthron, di pemilu AustralianCapitalTerritory(ACT) pada 1970. Namun, ia hanya memperoleh 173 suara, atau sekitar 0,32 persen.

Pada 1972, pemerintah negara bagian mengajukan pembongkaran Lyndhurst untuk dialihfungsikan menjadi jalan tol yang melalui Glebe.

Namun rencana tersebut diprotes dan rumah itu berhasil dilindungi untuk direstorasi oleh Save Lyndhurst Committee.

Pada 1984, Lyndhurst menjadi kantor pusat Historic Houses Trust of New South Wales sebelum dijual pada 2005.

Kemudian,Salvatore Panuidan pasangannya membeli rumah tersebut dengan harga 3,3 juta dolar Australia atau sekitar Rp 32,28 miliar pada 2005. Mereka menghabiskan 4 tahun untukmerestorasi Lyndhurst.

“Ada banyak tanggapan yang mengatakan bahwa rumah ini mirip museum,” ujar makelar saham, TimEustace.

“Faktanya, rumah ini sangat nyaman untuk ditempati. Sangat menyenangkan bila membayangkan bahwa siapa pun yang membelinya akan menghargai arsitektur dan menggunakan ruang,” tambahnya.

Bangunan seluas 1507 meter persegi dan memiliki 3 tingkat tersebut telah terdaftar diSothebys International dan akan dilelang pada 21 Mei 2016.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!