Perbedaan Pria dan Wanita saat Gunakan Kartu Kredit

131

redaksi.co.id – Perbedaan Pria dan Wanita saat Gunakan Kartu Kredit

Bukan rahasia jika pria dan wanita memiliki perbedaan pemikiran dalam segala hal. Itu pun terjadi dalam masalah penggunaan kartu kredit.

Ada survei yang mengungkapkan pria lebih baik dalam penggunaan kartu kredit, namun ada yang mengungkapkan sebaliknya. Jadi, apa perbedaan sebenarnya diantara dua gender ini terkait kartu kredit?

Berbicara tentang perbedaan pria dan wanita, sebuah buku di masa 90-an karangan konselor hubungan pribadi asal Amerika Serikat, John Gray, berjudulMen Are From Mars, Women Are From Venuscukup populer dengan penjelasannya. Bisa dikatakan, tidak ada buku yang secara komplit mengulas perbedaan antara pria dan wanita selain dari buku ini.

Buku tersebut menjadi penegas pria dan wanita memiliki perbedaan seperti makhluk dari planet lain. Perbedaan psikologis yang fundamental adalah kuncinya.

Tidak heran bila dalam masalah finansial, khususnya dalam penggunaan kartu kredit, pria dan wanita pun memiliki kebiasaan dan cara yang berbeda. Apa saja perbedaannya, yuk simak ulasannya

1.Wanita membayar bunga lebih banyak

Sebuah data riset lembaga edukasi finansial Finra pada 2012, mengungkapkan, terlepas dari nilai kredit dan informasi finansial yang mereka miliki, seorang wanita biasanya membayar tingkat suku bunga 0,5 persen lebih tinggi dibanding pria.

Bahkan, entah apa alasannya, data yang diambil dari survei terhadap 28.000 responden tersebutmengatakan sebagian besar pria menggunakan kartu berjenis Mastercard dan sebagian besar wanita menggunakan Visa.

2. Pria lebih tepat waktu dalam membayar

Terkait poin ini, hasil survei lain dari bank asal Amerika Serikat, BMO Harris, membuktikan, dari 1.004 pria dan wanita dewasa yang disurvei pada 2014, diungkapkan 74 persen pria mengatakan selalu membayar tagihan mereka tepat waktu. Sayangnya, hanya 59 persen wanita yang mengatakan selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu.

Tidak salah bila survei dari Finra juga membuktikan, dibanding pria, wanita lebih banyak membayar denda karena telat dalam membayar kartu kredit. Perbandingan ini adalah 23 persen pria selalu membayar denda ini dan 29 persen wanita yang melakukan hal sama. Itulah mengapa, pada poin pertama disebutkan, wanita lebih tinggi dalam membayar persentase bunga.

3. Wanita banyak yang tidak bayar seluruh tagihan

Tidak membayar seluruh tagihan kartu kredit memang merupakankegiatan menumpuk utang. Namun, dalam hasil riset BMO Harris, persentase wanita lebih besar dibanding pria untuk melakukanhal ini.

Sebab, dalam urusan selalu membayar seluruh tagihan, sekitar 14 persen pria melakukannya, danhanya 10 persen wanita yang melakukannya.

Riset dari Finra menyimpulkan hal senada. Ketika ditanya tentang kebiasaan dalam membayar minimum tagihan, sekitar 42 persen wanita terkadang melakukannya.

Sedangkan 38 persen pria yang melakukan hal sama. Bahkan, dalam periode waktu satu tahun, 45 persen pria membayar penuh seluruh tagihan di kartu kredit mereka setiap bulan, sebaliknya hanya 39 persen wanita yang melakukan hal yang sama.

4. Pria suka lakukan tarik tunai kartu kredit

Menggunakancash advanceatau tarik tunai kartu kredit memiliki bunga yang tidak sedikit. Namun, pria ternyata suka melakukannya. Riset Finra menyimpulkan, dalam periode satu tahun, sekitar 15 persen pria mengatakan telah melakukan tarik tunai dan hanya 12 persen wanita yang melakukannya.

5. Wanita sering akumulasi utang

Dari hasil riset Finra, 60 persen wanita pernah memiliki akumulasi utang yang belum terbayar dari periode sebelumnya (carrying a balance). Namun, hanya 55 persen pria yang melakukan hal ini. Padahal, memiliki akumulasi utang sebesar 25-30 persen limit kartu kredit dapat merusak nilai kredit.

6. Pria lebih suka membandingkan dulu sebelum daftar

Walau beberapa riset menilai bila wanita adalah makhluk yang suka memilih, namun hal ini tidak terjadi pada kartu kredit. Hasil riset Finra tentang perbandingan kartu kredit justru membuktikan sebaliknya.

Lantaran dari riset tersebut didapatkan, sekitar 37 persen pria ternyata sudah melakukan perbandingan kartu kredit dulu sebelum mendaftar. Sedangkan, hanya 31 persen wanita yang melakukannya.

Dari data di atas, perbedaan antara pria dan wanita di dalam menggunakan kartu kredit menjadi lebih jelas. Walaupun ada poin spesifik yang mesti dijelaskan. Selain itu, pria dan wanita jelas memiliki kebiasaan baik dan buruk yang sama. (Ahm/Zul)

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!