Keriput di Wajah Supir Truk Cuma Sebelah, Ini Penjelasannya

redaksi.co.id - Keriput di Wajah Supir Truk Cuma Sebelah, Ini Penjelasannya Foto wajah pengemudi truk berumur 69 tahun ini menunjukkan seberapa besar kerusakan yang disebabkan matahari....

29 0

redaksi.co.id – Keriput di Wajah Supir Truk Cuma Sebelah, Ini Penjelasannya

Foto wajah pengemudi truk berumur 69 tahun ini menunjukkan seberapa besar kerusakan yang disebabkan matahari.

Foto yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine itu memperlihatkan apa yang oleh para dermatologis disebut dermatoheliosis-kerusakan kulit akibat matahari, sebuah tanda umum penuaan. Yang mengejutkan, kerusakan wajah pensiunan sopir truk itu hanya di satu sisi mukanya.

“Dia bekerja sebagai sopir truk selama sebagian besar hidupnya dan tidak pernah mengenakan tabir surya,” kata Jennifer Gordon, dermatologis dari Northwestern University di Illinois, Amerika Serikat, yang melaporkan kasus pria tersebut, “kami menduga paparan sinar matahari di satu sisi wajahnya sebagai penyebab kerusakan itu.” Cahaya ultraviolet A (UVA) matahari bisa menembus kaca jendela bahkan pakaian dengan mudah.

Gordon mengatakan sinar UVA menyebabkan kerusakan mendalam pada kulit dan mempengaruhi jaringan ikat, seperti kolagen dan elastin. “Di sanalah efek penuaan, yaitu keriput, terjadi,” kata Gordon. “Keriput merupakan deposit material kulit.” Mantan sopir truk itu mendatangi Gordon setelah bosan mendengar pertanyaan cucunya, yang selalu bertanya mengapa satu sisi wajahnya penuh keriput.

Sejauh ini, pemeriksaan terhadap pria itu tidak menunjukkan tanda-tanda kanker kulit, tapi Gordon mengatakan pria itu harus dipantau secara rutin pada masa mendatang. Cara terbaik mencegah kanker kulit, begitu pula dengan penuaan dini, kata Gordon, adalah tabir surya.

American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan tabir surya yang memberi faktor perlindungan terhadap matahari sedikitnya 30 dan yang menawarkan perlindungan spektrum luas, baik terhadap sinar UVA maupun UVB. LIVE SCIENCE | AMRI MAHBUB BACA JUGA Tragedi Yuyun dan Feby: Ini 5 Hal yang Mencemaskan Publik Poster Risma Beredar, Pesaing Berat bagi Ahok? Ini Kata PDIP

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!