Tiang Pancang untuk Eksekusi 9 Terpidana Mati Telah Disiapkan

JAKARTA Redaksi.co.id – Prosesi pelaksanaan eksekusi hukuman mati telah dimulai sejak pukul 20.00 WIB malam ini (Selasa, 28/4/2015). Ini sekaligus batas waktu keluarga untuk menemani terpidana mati....

10 0

JAKARTA Redaksi.co.id – Prosesi pelaksanaan eksekusi hukuman mati telah dimulai sejak pukul 20.00 WIB malam ini (Selasa, 28/4/2015). Ini sekaligus batas waktu keluarga untuk menemani terpidana mati. Jaksa eksekutor telah mulai bergerak pula menuju ke Pulau Nusakambangan.

“Mulai pukul 20.00 WIB, proses eksekusi telah dilakukan sekaligus kesempatan terakhir keluarga bertemu dengan terpidana mati,” kata Kapuspenkum Tony T Spontana.

Dari informasi yang dihimpun, jaksa telah menyiapkan 9 tiang pancang bagi para terpidana mati. Tiang tersebut telah diurutkan bagi para terpidana.

Tiang pertama bagi Andrew Chan kemudian tiang di sebelah kanan bagi Myuran Sukumaran, dilanjutkan tiang untuk Raheem Agbaje.

Kemudian dilanjutkan tiang bagi Mary Jane, lalu Sylvester Obiekwe Nwolise, lalu Okwudili Oyatanze. Di sebelahnya lagi tiang untuk Rodrigo Gularte kemudian Martin Anderson dan terakhir Zainal Abidin.

Kesembilan terpidana akan berderet di tiang tersebut. Tim regu tembak akan mengeksekusi para terpidana mati secara serentak.

Tony juga mengungkapkan, Pemerintah Australia telah mengajukan permintaan kepada pihaknya terkait rencana eksekusi mati duo “Bali Nine”, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Permintaan itu yakni agar setelah proses eksekusi, Andrew dan Myuran disemayamkan terlebih dahulu di suatu lokasi di daerah Jakarta Barat sebelum diterbangkan ke Australia.

“Jadi ada permintaan dari Pemerintah Australia melalui Kemenlu agar jenazah kedua jenazah disemayamkan di suatu tempat di Jakarta Barat, baru keesokan harinya diterbangkan ke Australia,” kata Tony.

Ia menambahkan, pihaknya masih memberi kesempatan bagi pihak keluarga untuk bersama dengan para terpidana mati hingga pukul 20.00 WIB.

“Kami akan beri kesempatan hingga menit-menit terakhir, tapi yang jelas sampai saat ini mereka masih dalam keadaan sehat,” kata dia.

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!