6 Calon Bintang Masa Depan Indonesia

redaksi.co.id - 6 Calon Bintang Masa Depan Indonesia Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo telah memasuki pekan kedua. Beberapa klub tampak masih mencari-cari strategi yang...

21 0

redaksi.co.id – 6 Calon Bintang Masa Depan Indonesia

Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo telah memasuki pekan kedua. Beberapa klub tampak masih mencari-cari strategi yang tepat agar terus bisa konsisten meraih kemenangan.

Banyak klub besar yang tersandung. Mereka adalah Arema Cronus, Persib Bandung hingga Persipura Jayapura yang gagal meraih kemenangan karena bermain imbang 0-0.

Meski secara khusus kompetisi ini memperlihatkan persaingan ketat antarklub peserta untuk meraih trofi, ternyata Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoomenjadi panggung bagi para pemain muda di Indonesia.

Para pemain muda tersebut bakal bersaing dengan pemain senior dan asing demi memperebutkan tempat utama. Kompetisi pemain muda ini yang nantinya bermanfaat menciptakan tim nasional yang berkualitas.

Untuk itu, Liputan6.com mencoba mengulas deretan pemain muda yang bakal bersinar pada gelaran Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo:

1. Rudolof Yanto Basna

Rudolof Yanto Basna bisa dikatakan merupakan bintang muda paling bersinar dalam beberapa waktu terakhir. Bagaimana tidak, pemain yang berposisi sebagai bek ini sukses mengantarkan Mitra Kukar juara Piala Jenderal Sudirman.

Meski masih berusia muda, Yanto Basna selalu bermain dengan tenang menjaga lini pertahanan Naga Mekes. Dia jarang sekali terlihat terprovokasi dengan permainan striker-striker lawan yang kerap memancing emosinya.

Ketika melawan Arema Cronus pada babak semifinal di Stadion Kanjuruhan Malang, Yanto Basna tampak fokus dan tenang meski berulang kali Cristian Gonzales mencoba memancing emosinya.

Berkat performa apiknya ini dia juga sukses menggondol gelar pemain terbaik Piala Jenderal Sudirman. Catatan ini yang membuat Persib Bandung akhirnya memutuskan merekrutnya untuk menjalani kompetisi Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo.

Bersama Persib, Yanto Basna tidak bermain di posisi aslinya yakni bek tengah. Pelatih Maung Bandung, Dejan Antonic memasangnya di posisi bek kanan, lantaran Persib memiliki Purwaka Yudhi dan Vladimir Vujovic di tengah.

Performanya sejauh ini juga cukup memuaskan. Yanto Basna sangat kuat dalam duel satu lawan satu dan juga memiliki tekel yang baik. Pantas jika label wonderkid disematkan pada dirinya.

2. Ryuji Utomo

Ryuji adalah bintang baru bagi Arema Cronus. Pemain yang memiliki keturunan Jepang ini mampu bermain diberbagai posisi seperti bek tengah, bek kanan hingga gelandang bertahan.

Meski masih berusia muda, Ryuji juga tak pernah canggung bermain bersama pemain senior di Arema seperti Goran Gancev, Hamka Hamzah hingga Benny Wahyudi.

Ryuji memiliki postur yang tinggi dan dilengkapi dengan badan yang kekar. Meski begitu, dia juga memiliki kecepatan untuk berduel dengan striker-striker cepat yang dimiliki lawan.

Dia juga pernah menikmati kompetisi bersama Al Najma di Bahrain. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan kemampuan diri ketimbang mengikuti turnamen-turnamen yang sempat marak di Indonesia.

3. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay merupakan talenta muda Persipura yang berposisi sebagai gelandang tengah. Usianya saat menembus skuat utama Mutiara Hitam adalah 18 tahun.

Kemunculannya bersama Persipura tak terlepas dari eksodus pemain yang terjadi jelang Piala Bhayangkara. Nama-nama seperti Robertino Pugliara pergi ke PS Polri, sedangkan Immanuel Wanggai bergabung dengan Carsae FC di Timor Leste.

Keadaan darurat ini yang memaksa Haay tampil untuk mengisi lini tengah. Ternyata, permainan Haay sangat memesona jajaran pelatih Persipura saat itu.

Dia memiliki pergerakan yang apik dan mampu menjangkau hampir semua sisi lapangan. Tak hanya itu visi mengirimkan umpannya juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Haay bisa mengalirkan bola untuk membangun serangan dan bisa juga memberikan umpan yang menusuk ke kotak penalti untuk membantu para striker mencetak gol.

Pada gelaran Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo, Haay baru diberi kesempatan satu kali bermain saat ditahan imbang 0-0 melawan Bali United, Minggu (8/5/2016).

4. Ambrizal Umanailo

Ambrizal mencuri perhatian pecinta sepak bola khususnya para Jakmania berkat performa apiknya bersama Persija Jakarta dalam dua pertandingan di Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo.

Bermain di posisi penyerang sayap, Ambrizal sukses mengemban tugas menyerang dengan baik saat melawan Persipura. Dia mampu membuat lawan kerepotan berkat kecepatan dan gocekannya.

Padahal lawan yang dihadapi saat itu merupakan salah satu barisan pertahanan terbaik di Indonesia yang diisi oleh Ricardo Salampessy dan Bhio Paulin.

Tidak hanya bersinar ketika melawan Persipura, Ambrizal juga merupakan bintang saat Macan Kemayoran menang 1-0 atas Semen Padang. Berawal dari penetrasinya ke kotak penalti, bek tengah Hamdi Ramdhan terpaksa menjatuhkannya dan berbuah penalti untuk Persija.

Ismed Sofyan yang ditunjuk sebagai algojo sukses mengekesekusi bola dan membantu Persija membawa pulang tiga poin di depan puluhan ribu Jakmania.

5. Terens Owang Puhiri

Terens Owang Puhiri menjelma menjadi idola Pusamania Borneo FC berkat performa apiknya saat tampil di Piala Presiden beberapa waktu lalu. Berposisi sebagai penyerang sayap, Terens memiliki kecepatan yang susah ditandingi oleh bek-bek lawan.

Meski begitu, konsistensi tampaknya masih jadi masalah terbesar Terens. Sebab, bersinar di Piala Presiden, Terens sempat meredup di Piala Jenderal Sudirman.

Namun, dia sukses kembali bersinar ketika membantu PBFC menjuarai Piala Gubernur Kaltim. Saat itu, Terens berhasil menyabet gelar pemain terbaik setelah tampil apik sepanjang turnamen.

Usianya memang masih 19 tahun, tapi berdiri berdampingan dengan pemain senior macam Ponaryo Astaman, Zulkifly Syukur dll. tak membuat aksi Terens di lapangan tertutupi. Dia selalu membuat decak kagum berkat pergerakan lincahnya ketika bertanding.

Wajar jika pada gelaran Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo, Terens diprediksi bakal bersinar terang dan terus memukau persepak bolaan Indonesia dengan talentanya.

6. Putu Gede Juni Antara

Putu Gede adalah pemain yang terus konsisten menjaga permainan terbaiknya dari eks-skuat emas timnas U-19 asuhan Indra Sjafri. Disaat sang bintang, Evan Dimas, sedang menimba ilmu di Spanyol, Putu Gede juga terus mengembangkan kemampuannya sebagai bek kanan di Tanah Air.

Alhasil, perannya tak tergantikan di Bhayangkara Surabaya United. Tercatat, selama tahun 2015, pemuda asal Bali ini selalu tampil penuh 90 menit dalam 14 pertandingan di level klub.

Kini pada gelaran Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo, posisi Putu Gede juga tak tergantikan. Penetrasinya yang sering maju ke depan dan mengirimkan umpan menjadi alasan pelatih Ibnu Grahan senang memainkannya.

Berkat prestasinya itu, Putu Gede diprediksi bakal menjadi talenta muda paling bersinar di Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo. Sebab, tak banyak pemain jebolan timnas U-19 yang mampu mempertahankan konsistensinya di level tertinggi, dan Putu Gede adalah salah satunya yang mampu menjawab itu.

Penulis: Yosef Deny Pamungkas

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!