Paris Saint-Germain Perkenalkan Wajah Baru Parc Des Princes

redaksi.co.id - Paris Saint-Germain Perkenalkan Wajah Baru Parc Des Princes Paris Saint-Germain telah merampungkan proyek yang memakan waktu tiga tahun dan biaya 75 juta untuk menambah...

48 0

redaksi.co.id – Paris Saint-Germain Perkenalkan Wajah Baru Parc Des Princes

Paris Saint-Germain telah merampungkan proyek yang memakan waktu tiga tahun dan biaya 75 juta untuk menambah fasilitas Parc des Princes. Kini, juara Ligue 1 Prancis itu berniat menambah kapasitas stadion sebagai rencana jangka menengah.

Proyek renovasi menyambut Euro 2016 telah rampung dan klub menggelar berbagai foto-foto terbaru stadion berusia 45 tahun itu. PSG merasa gembira dengan peningkatan fasilitas yang mereka lakukan tanpa harus menutup sebagian tribun, seperti halnya ketika Olympique Marseille atau Saint-Etienne merenovasi Stade Velodrome dan Stade Geoffroy-Guichard.

“Biaya renovasi diperkirakan memakan biaya 72-75 juta tanpa harus menutup salah satu bagian tribun,” jelas general manager Jean-Claude Blanc.

“Sebenarnya kami berharap bermain tandang lebih sering di turnamen piala nasional,” guraunya. “Untuk alasan olahraga, jelas kami ingin bermain di Parc, tapi bermain tandang memberikan kami lebih banyak waktu untuk merampungkan renovasi.”

PSG siap menyerahkan kunci stadion ke tangan UEFA, Minggu (15/5) mendatang, sebagai bagian dari persiapan Euro 2016.

Renovasi yang dilakukan ini telah dapat meningkatkan pendapatan stadion PSG dari 20 juta hingga 100 juta. PSG menjalin kesepakatan selama 30 tahun dengan pemerintah kota Paris, selaku pemilik stadion, dengan biaya sewa tetap ditambah bagi hasil pemasukan.

“Anda berada di stadion PSG,” imbuh Blanc. “Ini markas kami dan kami bisa melakukan apa yang kami inginkan. Kami tidak memiliki tembok-temboknya, itu saja.”

Arsitek asal Amerika Serikat, Tom Sheehan, menjadi pengawas proyek renovasi Parc des Princes. Lapangan dirombak dan dinaikkan 28 centimeter guna membantu pertumbuhan rumput.

Lalu, dua baris bangku penonton ditambah supaya kapasitas stadion tetap dapat menampung 48 ribu penonton dengan bangku yang lebih lebar dan nyaman.

Kapasitas untuk tribun eksklusif ditingkatkan dari 1.200 menjadi 4.500. Sejumlah pemain membeli boks privat yang memberikan mereka sudut pandang terbaik lapangan.

Area publik turut diperhatikan dengan sejumlah pembenahan. Langkah berikutnya adalah memanfaatkan area sekitar stadion untuk memberikan tempat bagi fan zones yang digelar sepanjang Euro, bulan depan.

Tujuan utama proyek ini adalah aspek finansial. Peningkatan kualitas stadion dilakukan sejalan dengan ambisi PSG. Tapi, mereka tak hanya berhenti sampai di sini. Sebagai target jangka menengah, Les Parisiens ingin meningkatkan kapasitas Parc des Princes hingga 60 ribu penonton.

“Kami tak mau membebani diri dengan mematok hari tertentu, tapi yang pasti, ini markas kami dan kami takkan menghancurkannya,” ujar Blanc.

Ruang kosong di belakang setiap gawang sudah mulai dimanfaatkan PSG. Tribun dapat digerakkan secara otomatis sehingga penonton bisa berada lebih dekat dengan lapangan, tapi hal ini membutuhkan penambahan atap.

“Kami yakin pencalonan Paris sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 dapat membantu percepatan proyek ini. Tidak tergantung dengan hal itu, tapi menjadi keuntungan bagi kami,” sambung Blanc.

“[Arsitek stadion sebelumnya] Roger Tallibert mengenal stadion dengan baik. Dia tahu apa yang harus dilakukan. Kami memilih bertahan di sini daripada mencari stadion baru dan itu pilihan yang tegas.”

Namun, sebelum memulai langkah penambahan daya tampung stadion, Blanc dan PSG fokus pada penentuan keputusan untuk kompleks latihan tim yang baru. Idealnya, kompleks itu sudah dapat dipakai awal musim 2020/21 mendatang.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!