6 Kepribadian Ini Pengaruhi Perlakuan Terhadap Uang

redaksi.co.id - 6 Kepribadian Ini Pengaruhi Perlakuan Terhadap Uang Anda pernah membaca beberapa artikel mengenai cara untuk mengatur keuanganyang baik. Memang cara-cara tersebut patut untuk dicoba,...

25 0

redaksi.co.id – 6 Kepribadian Ini Pengaruhi Perlakuan Terhadap Uang

Anda pernah membaca beberapa artikel mengenai cara untuk mengatur keuanganyang baik. Memang cara-cara tersebut patut untuk dicoba, tetapi tidak semua cocok dengan kepribadian ataupun kehidupan Anda.

Beberapa mungkin mengharuskan untuk berinvestasi, namun gaji hanya cukup untuk makan selama sebulan bisa menghambat keinginan tersebut. Beberapa cara bisa saja terlalu berat untuk Anda lakukan.

Sebelum memikirkan untuk menyeimbangkan kehidupan keuangan, Anda harus memahami diri Anda terlebih dahulu. Melansir dari The Sydney Morning Herald, Selasa (10/5/2016) berikut adalah enam kepribadian dasar mengenai cara berpikir seseorang menyangkut uang. Anda termasuk nomor berapa?

1. Antusias

Jika Anda sedang merencanakan keuangan, berharap untuk pensiun dini dan memiliki kepercayaan pada setiap keputusan, Anda adalah tipe antusias. Sikap Anda mengenai uang termasuk praktis dan menentukan karena melakukan pemikiran secara luas, baik dengan mencari ahli maupun memantau setiap detil.

2. Delegator

Tipe delegator memiliki kesadaran keuangan yang sama dengan para tipe antusias. Hanya saja, tipe ini kurang pengetahuan ataupun kepercayaan, sehingga menggunakan jasa para ahli. Tipe ini sebagian besar adalah perempuan. Dari 19 persen dari populasi, 18 persen memiliki kekayaan pribadi. Tidak ada yang salah dengan menjadi delegator tetapi sumber saran yang tepat menjadi hal penting.

3. Penghindar

Anda termasuk tipe ini jika memiliki reaksi emosional yang negatif, seperti kecemasan, untuk masalah uang. Kelompok ini cenderung pasif, yaitu tidak suka menggunakan penasihat, tidak memiliki rencana, bahkan tidak mengambil minat dalam rencana tabungan pensiun. Kebanyakan tipe mengelak terdiri dari perempuan. Sebaiknya, Anda berperilaku sebaliknya.

4. Mandiri-konservatif

Jika Anda saat ada masalah keuangan, Anda memikirkan beberapa kemungkinan dan melakukan keputusan dengan penuh pertimbangan, maka Anda termasuk tipe mandiri-konservatif. Umumnya tipe ini sangat berhati-hati namun percaya diri.

15 persen dari populasi mandiri-konservatif memegang 20 persen kekayaan pribadi. Meskipun berpenghasilan rata mereka melakukan investasi di deposito jangka dan properti untuk dana yang dikelola, juga saham.

5. Pemain atau Suka Risiko

Tipe pemain menyukai pasar saham yang berisiko tinggi atau investasi. Mereka menganggap diri mereka stabil meski tidak seperti kelihatannya. Sekitar 70 persen dari mereka adalah laki-laki dan hidup di kota-kota.

6. Sibuk

Jika menyukai gagasan untuk menciptakan kekayaan dan pensiun dengan baik, tetapitidak memiliki penasihat dan tidak melakukan apa-apa selain mengandalkan gaji, Anda termasuk dalam tipe sibuk. Meski umur di bawah 40 tahun, Anda harus mulai untuk memikirkan rencana keuanganuntuk beberapa tahun ke depan. (Shabrina Aulia Rahmah/Ahm)

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!