Presiden Ingin Bandara Soetta Terhubung Kereta dan Tambah Runway

180

redaksi.co.id – Presiden Ingin Bandara Soetta Terhubung Kereta dan Tambah Runway

Presiden Joko Widodo tak puas Bandara Soekarno Hatta hanya bertambah kapasitasnya dengan perpanjangan Terminal 3. Ia meminta Bandara Soekarno Hatta juga terhubung dengan berbagai jenis kereta.

“Kereta cepat nantinya akan dikoneksikan ke bandara. Saat ini masih dalam proses kalkulasi dan perhitungan,” kata Jokowi saat blusukan ke Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Rabu, 11 Mei 2016. Selain kereta cepat, Jokowi melanjutkan bahwa Bandara Soekarno Hatta juga akan terhubung dengan jalur kereta api biasa dari pusat kota. Rencananya, pada tahun 2017 nanti, akan ada jalur kereta api dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta-Stasiun Manggarai.

Di luar dua jenis kereta itu, Jokowi mengaku tengah merencanakan kereta untuk transportasi antar terminal di Bandara Soekarno Hatta. Tak tanggung-tanggung, jenis kereta yang ia rencanakan berjenis Automated People Mover System alias kereta yang bisa dikendalikan tanpa awak. Ditanyai apakah akan menambah runway (landasan pacu) juga, Jokowi membenarkan. Ia berkata dirinya sudah memerintahkan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya untuk menambah runway Terminal 3 Ultimate dari dua runway menjadi tiga runway.

“Sekarang sering macet di runway karena jumlahnya kurang. Habis tambah runway, dikasih cross taxi way. Kita kejar terus,” ujarnya. Budi Karya melengkapi penjelasan Jokowi dengan mengatakan bahwa runway ketiga masih dalam proses pembebasan lahan. Panjangnya tak akan berbeda dengan dua runway lainnya yaitu 3600 meter. “Akan selesai pembebasan lahan Desember ini, dibangun dalam waktu satu tahun. Akhir 2017 kita harapkan selesai pada saat Asian Games,” ujar Budi mengakhiri.

(red/ijayanto/W)

loading...

Comments

comments!