3 Calon Penerus Valentino Rossi di MotoGP

redaksi.co.id - 3 Calon Penerus Valentino Rossi di MotoGP Nama Valentino Rossi sudah menjadi legenda MotoGP. Selama lebih dari satu dekade, pembalap berjuluk The Doctor ini...

824 0

redaksi.co.id – 3 Calon Penerus Valentino Rossi di MotoGP

Nama Valentino Rossi sudah menjadi legenda MotoGP. Selama lebih dari satu dekade, pembalap berjuluk The Doctor ini menjadi daya tarik untuk ajang adu kencang kuda besi tersebut.

Dalam usia yang telah menginjak 37 tahun, pembalap asal Italia masih mampu bersaing di barisan depan. Terakhir, rider Movistar Yamaha ini mampu naik podium teratas di MotoGP Jerez, Spanyol pada 24 April 2016.

Yamaha sendiri memutuskan memperpanjang kontrak Rossi hingga akhir 2019. Setelah itu, Rossi diprediksi bakal memutuskan pensiun mengingat usianya yang menginak 39 tahun pada 2019.

Menjelang tahun-tahun terakhir Rossi di MotoGP, muncul sederet nama pembalap yang diprediksi menjadi penerusnya. Tentu saja, penerus Rossi di ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini mesti berasal dari Italia.

Para pembalap muda yang akan menjadi penerus Rossi berasal dari VR46 Riders Academy, sekolah balap milik The Doctor. Berikut daftar pembala muda Italia yang digadang-gadang jadi penerus Rossi:

1. Luca Marini

Baru berusia 18 tahun, namun Luca Marini mampu menunjukkan kemampuannya di ajang Italia CIV Championship. Marini tak lain merupakan adik tiri dari Valentino Rossi, yang membuatnya diyakini juga memiliki bakat besar.

Marini lahir di Urbino, Italia, dan di ajang CIV Championship, dia finis di posisi podium sebanyak enam kali dari delapan balapan yang dijalani. Hasil tersebut membuatnya menduduki posisi runner up CIV Championship.

Pada 2013, Marini memperoleh fasilitas wildcard untuk bisa turun di ajang Moto3 seri Misano, Italia. Setahun berselang, Marini juga memperoleh wildcard untuk tampil di Moto2. Tahun depan kabarnya Marini siap tampil bersama Forward Racing di ajang Moto2.

Di ajang tersebut, Luca Marini berhasil mencapai podium finish sebanyak 6 kali dari 8 balapan dan menempatkan dirinya sebagai runner up. Pada tahun 2013, dia mendapat fasilitas wildcard untuk dapat membalap di kelas moto3 seri Misano Italia.

Sayangnya dia harus it yang sama. Dia kembali mendapat fasilitas wildcard untuk membalap di kelas moto2. Dia mampu menyelesaikan balapan dengan finish di posisi 21. Rumornya untuk musim depan, tim moto2 Forward Racing berniat untuk merekrut pembalap dengan nomer 97 ini.

2. Romano Fenati

Nama Romano Fenati mulai berkibar saat musim balap 2014. Kala itu, dia bergabung dengan tim balap milik Valentino Rossi, Sky Racing Team by VR46 dan turun di kelas Moto3.

Pembalap kelahiran Ascoli, Italia, menjuarai 4 seri di musim itu, termasuk di antaranya kemenangan di depan publik sendiri, Italia. Faneti sempat menjadi salah satu pemuncak klasemen, tapi penampilannya kurang konsisten.

Saat itu dia memakai motor bermesin KTM yang membuat dirinya harus terlempar di posisi ke 5 klasemen akhir. Namun itu sudah cukup untuk membuat publik Italia berpaling kepadanya.

Dia dikenal dengan gaya balapnya yang ngotot, juga aksi-aksi overtaking-nya yang mirip Rossi. Sepanjang karirnya di Moto3 hingga sekarang, Fenati telah mencatatkan 6 kali kemenangan, 13 podium dan jumlah poin sebanyak 561.

3. Nicola Bulega

Nicola Bulega disebut-sebut sebagai pembalap muda kesayangan Valentino Rossi. Bahkan, nomor motor 46 diserahkan langsung oleh Rossi kepada Bulega, ketika ia masih berusia 16 tahun.

The Doctor sendiri yang menemukan bakat Bulega dan memutuskan memasukannya ke VR46 Riders Academy. Bulega pernah juara MiniGP pada tahun 2011 dan juara 2 kali beruntun ajang PreGP Italia pada tahun 2012 dan 2013 di kelas yang berbeda.

Gaya membalap Bulega mengingatkan kita pada aksi-aksi Rossi ketika masih berkiprah di kelas 125cc. Mendapat julukan The Monkey, dan pernah memanfaatkan fasilitas wildcard dengan balapan di kelas moto3 seri terakhir, Valencia.

Mengendarai motor milik tim SKY racing team VR46, dalam debutnya, Bulega sukses menorehkan waktu tercepat ke-5 di sesi latihan bebas ketiga. Aksi-aksinya juga banyak ditunggu oleh fans Rossi yang ingin bernostalgia dengan gaya balap The Doctor saat muda.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!