Ponaryo Astaman: Pelatih Top Belum Tentu Hasilkan Prestasi

redaksi.co.id - Ponaryo Astaman: Pelatih Top Belum Tentu Hasilkan Prestasi Kapten Pusamania Borneo FC Ponaryo Astaman menilai kehadiran pelatih ternama dunia untuk menangani timnas Indonesia akan...

16 0

redaksi.co.id – Ponaryo Astaman: Pelatih Top Belum Tentu Hasilkan Prestasi

Kapten Pusamania Borneo FC Ponaryo Astaman menilai kehadiran pelatih ternama dunia untuk menangani timnas Indonesia akan sia-sia bila tidak diiringi pembenahan serius di persepakbolaan nasional.

Sebelumnya, menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melempar wacana mendatangkan Jose Mourinho untuk membesut timnasional. Bahkan wacana itu sudah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Ponaryo enggan menanggapi wacana Menpora tersebut. Namun ia menilai kemajuan sepakbola nasional tidak bergantung kepada pelatih, melainkan pembenahan menyeluruh, mulai dari organisasi, kompetisi, hingga pembinaan pesepakbola muda.

Siapapun pelatihnya, menurut saya kalau tidak ada pembenahan serius di sepakbola nasional ini, maka hasilnya akan sia-sia belaka, tegas Ponaryo dikutip laman Antara.

Dalam kesempatan yang sama, Ponaryo mengaku lega dengan pencabutan sanksi pembekuan PSSI. Pria yang akrab disapa Popon itu meminta pencabutan sanksi diapresiasi semua pihak.

Mungkin ini adalah jalan keluar terkait kisruh sepakbola nasional, karena secara organisasi PSSI akan aktif kembali. Hendaknya momentum ini menjadi akselerasi perbaikan kemajuan sepakbola Indonesia, kata Popon.

Saya yakin, sesama pemain punya pandangan sama terkait sepakbola kita ini. Tentunya semua berharap ada perbaikan dalam hal apapun terkait sepakbola nasional, mulai prestasi, dan juga berbagai hal yang melatarbelakanginya.

(red/ahmat/dhy/urniawan/RAK)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!