Pohon di Ekuador Ini Bisa Berjalan 20 Meter per Tahun

redaksi.co.id - Pohon di Ekuador Ini Bisa Berjalan 20 Meter per Tahun Pohon ini seperti tokoh pohon Ent yang ikut dalam Perang Isengard di trilogi film...

23 0

redaksi.co.id – Pohon di Ekuador Ini Bisa Berjalan 20 Meter per Tahun

Pohon ini seperti tokoh pohon Ent yang ikut dalam Perang Isengard di trilogi film ‘Lord of the Rings.’

Namun, faktanya spesies pohon di wilayah terpencil Ekuador ini kabarnya bisa berjalan, seperti pohon-pohon yang ditumpangi the Hobbit.

Ini adalah sejenis pohon palem, Socratea exorrhiza. Akar-akarnya terus bertumbuh mengikuti alur tanah sehingga pohon ini bergerak hingga 20 meter jauhnya per tahun.

Fenomena ini tampaknya disebabkan sistem akar pohon yang unik. Tidak seperti pohon lain yang akarnya sepenuhnya tersembunyi di bawah tanah, Socratea exorrhiza memiliki sistem akar lebih tinggi menyerupai sapu ijuk tegak.

Ahli Biologi, Gerardo Avalos menjelaskan, seiring berjalannya waktu, tanah terus terkikis dan beberapa akar pohon ini mati, kemudian tumbuh akar baru. Batang utama pohon akibatnya ikut mengarah ke akar baru yang tumbuh, namun bukan berarti pohon ini disebut berjalan.

“Pohon palem ini hanya merespons perubahan cahaya kanopi sehingga terkesan bergerak perlahan di lantai hutan,” kata Avalos, dilansir dari IFL Science, Selasa (10/5).

Bila dipandang seolah pohon ini berpindah tempat mengikuti akar barunya. Seluruh tubuh pohon mengikuti sinar matahari dan tanah yang lebih solid. Ini membutuhkan waktu setidaknya beberapa tahun.

Sejauh ini belum ada bukti tertulis atau ilmiah yang mendokumentasikan pergerakan pohon ini. Hanya pemandu wisata banyak menceritakan pergerakan ini untuk menarik minat pengunjung.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!