Podium 3 Vinales dan Penantian 8 Tahun Suzuki

113

redaksi.co.id – Podium 3 Vinales dan Penantian 8 Tahun Suzuki

Pembalap Suzuki, Maverick Vinales akhrinya mengecap podium pertama di kelas para Raja, MotoGP2016. Rider asal Spanyol ini mengakhiri balapan di MotoGP Prancis, di urutan ke-3.

Vinales menyentuh garis finis di belakang dua pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang masing -masing menempati urutan satu dan dua. Prestasi ini bukan hanya untuk individu, tetapi juga untuk tim.

Suzuki terakhir kali merasakan podium sejak terakhir kali Loris Capirossi meraihnya pada 2008 di sirkuit Brno, Republik Ceko. Artinya, sudah 8 tahun pabrikan asal Jepang itu tidak merasakan podium.

“Sudah sangat lama, Suzuki tidak naik podium. Saya sangat senang, target itu bisa terwujud dan ini sangat luar biasa,” kata pembalap 21 tahun ini sebagaimana dilansir dari Motorsprint.

Krisis keuangan yang melanda membuat Suzuki harus mundur dari ajang adu kebut balap roda dua paling bergengsi ini. Tiga musim, terhitung sejak 2012, Suzuki absen mengaspal di MotoGP. Suzuki kembali ke MotoGP 2015 lalu dengan nama Suzuki Ecstar MotoGP.

Bagi Vinales, keberhasilan mencapai podium tiga banyak berbau keberuntunga. Posisi Vinales merangkak ke papan atas setelah pembalap Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovisiozo terjatuh. Jalan Vinales untuk merengkuh posisi tiga semakin mulus setelah Marc Marquez terjatuh. Ketiga rider itu berada di depan Vinales sebelum tiga pembalap tersebut keluar lintasan.

Padahal, Vinales start dari posisi 8 di belakang Valentino Rossi. Posisi yang tidak tidak terlalu bagus. “Ini sangat luar biasa. Saya merasa menjadi pembalap hebat. Meski tidak menjalani start dengan baik, saya berupaya keras.”

“(Ketika balapan) Saya bisa melihat berada dalam rombongan pembalap yang meraih podium. Kecepatan saya sama dengan mereka yang terjatuh. Tapi saya tetap fokus dan bisa meraih podium,” ujar Vinales menambahkan.

(red/atno/wi/anto/RDS)

loading...

Comments

comments!