10 Media Adu Inovasi di Hackdays GEN Pertama di Indonesia

redaksi.co.id - 10 Media Adu Inovasi di Hackdays GEN Pertama di Indonesia Global Editors Network (GEN), sebuah komunitas lintas platform untuk memperkuat redaksi media massa di...

12 0

redaksi.co.id – 10 Media Adu Inovasi di Hackdays GEN Pertama di Indonesia

Global Editors Network (GEN), sebuah komunitas lintas platform untuk memperkuat redaksi media massa di seluruh dunia, bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengadakan sebuah hackathon selama dua hari untuk menciptakan prototipe berita inovatif, pada 13-14 Mei 2016 di Jakarta.

Kedua organisasi ini bermitra dengan Ethical Journalist Network (EJN) dan Dewan Pers, serta didukung oleh Google. GEN sendiri berbasis di Paris, Prancis dan baru pertama kali mengadakan hackathon tahunan mereka: “Editors Lab”, di Indonesia.

Acara ini akan diadakan di kampus Binus University International di Jakarta Selatan. Adapun peserta hakdays ini adalah tim yang terdiri dari tiga orang yang harus merupakan jurnalis, desainer dan programmer dari satu media.

Ada 10 media yang menjadi peserta acara ini: Tempo, Kompas, Liputan6, Viva, Suara, RRI, Suara Surabaya, Kabar Makassar, CNN Indonesia dan ICT Watch.

Tema acara ini adalah “Mobile First News” dan dipilih karena masyarakat Indonesia makin banyak yang menggunakan telepon genggam untuk mengakses berita. Redaksi media massa dituntut untuk bisa mengatasi masalah yang muncul dari perubahan kebiasaan mengkonsumsi berita ini.

Di sela hackathon, akan ada sejumlah pembicara yang akan mengisi workshop untuk memperkaya wawasan peserta. Mereka adalah: Jeanny Haliman, Rica Handayani, Felecia Handrawan (Google) dan Tom Law (Ethical Journalism Network).

Di akhir hackathon, kesepuluh tim diharapkan mempresentasikan hasil kerja mereka pada juri yang merupakan ahli media di Indonesia. Program Editors Lab ini merupakan rangkaian hackathon rutin yang diadakan di seluruh dunia.

Pemenang hackathon ini akan diundang mengikuti Editors Lab Final di Wina, Austria pada Juni 2016. Di sana, pemenang dari Indonesia akan ikut kompetisi level internasional dan menghadapi pemenang dari Finlandia, Rumania, Tunisia, Argentina, Italia, Australia, Slovakia, Nigeria, Austria dan Cina. WD

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!