Akrab Sirkuit, Rio Haryanto Pede Bisa Melesat di Spanyol

redaksi.co.id - Akrab Sirkuit, Rio Haryanto Pede Bisa Melesat di Spanyol Sirkuit Barcelona, Catalunya bukan tempat yang asing bagi Rio Haryanto, pembalap Manor Racing. Ia sudah...

47 0

redaksi.co.id – Akrab Sirkuit, Rio Haryanto Pede Bisa Melesat di Spanyol

Sirkuit Barcelona, Catalunya bukan tempat yang asing bagi Rio Haryanto, pembalap Manor Racing. Ia sudah berulang kali balapan di sana saat masih berkiprah di GP2 Series. Itu sebabnya, Rio yakin bisa melaju cepat pada GP Spanyol Formula 1 2016.

Seri keempat F1 2016 segera digulir. Rio dan timnya pun mempersiapkan diri untuk meraih hasil terbaik pada GP Spanyol 2016 di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu (15/5/2016) mendatang. Rio ingin menumpahkan kekesalannya atas insiden yang menimpanya pada GP Rusia 2016.

Di Sirkuit Sochi, Rio memang gagal menuntaskan balapan. Ia terhenti tepat di tikungan ketiga lap pertama. Ironisnya, kegagalan Rio mencapai garis finis disebabkan kesalahan pembalap lain. Saat itu, secara tiba-tiba mobil VJM09 milik pembalap Force India, Nico Hulkenberg, melintir hingga menabrak MRT05 milik Rio.

Tabrakan itu sampai membuat mobil Rio keluar lintasan dan tidak bisa melanjutkan balapan. Untuk kali kedua di musim ini Rio gagal mencapai garis finis. Karenanya, Rio bertekad mengukir hasil yang lebih baik pada GP Spanyol 2016. Kebetulan, Rio memiliki banyak pengalaman terkait lintasan itu.

Tercatat, sudah empat tahun beruntun Rio beraksi di Sirkuit Barcelona-Catalunya. Saat memperkuat Campos Racing pada GP2 Series 2015, Rio mengamankan posisi keempat pada kategori Feature Race dan posisi keenam pada kategori Sprint Race di Spanyol.

Itu adalah catatan terbaik yang pernah diukir Rio di Spanyol. Hal itu yang membuat Rio percaya diri akan mendapatkan hasil bagus pada balapan kali ini. “Saya siap menghadapi akhir pekan di sini. Ini adalah trek yang saya kenal dengan sangat baik. Jadi, seharusnya kami tak kesulitan membangun kecepatan dan mendapatkan kesan yang baik mengenai bagaimana paket kami bekerja di sini,” kata Rio seperti dikutip dalam rilis Manor.

Kepercayaan diri serupa juga ada di benak Dave Ryan, Direktur Balap Manor. Kebetulan, Manor baru saja melakukan perbaikan di beberapa sektor. Diharapkan Ryan, perubahan itu membawa pengaruh positif pada GP Spanyol.

“Kami berharap pengembangan ini akan membuat kami bisa mengoptimalkan kemampuan mobil di beberapa sektor. Kami akan memulai proses evaluasi di akhir pekan ini. Kami optimistis akan membuat banyak kemajuan setelah bekerja keras seusai beberapa balapan sebelumnya,” ujar Ryan.

Rapor Rio Haryanto di Sirkuit Barcelona-Catalunya

2012 (Marussia Carlin): Finis di urutan ke-16 kategori Feature Race dan posisi ke-15 kategori Sprint Race.

2013 (Barwa Addax): Finis di urutan kesembilan kategori Feature Race dan posisi ke-24 kategori Sprint Race.

2014 (EQ8 Caterham): Finis di urutan kelima kategori Feature Race dan gagal finis kategori Sprint Race.

2015 (Campos Racing): Finis di urutan keempat kategori Feature Race dan posisi keenam kategori Sprint Race.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!