Google Doodle Hari Ini Pencipta Angklung Daeng Soetigna

redaksi.co.id - Google Doodle Hari Ini Pencipta Angklung Daeng Soetigna Daeng Soetigna tokoh musik asal Jawa Barat menjadi tokoh dalam Google Doodle hari ini 13 Mei...

42 0

redaksi.co.id – Google Doodle Hari Ini Pencipta Angklung Daeng Soetigna

Daeng Soetigna tokoh musik asal Jawa Barat menjadi tokoh dalam Google Doodle hari ini 13 Mei 2016. Pria kelahiran Garut pada 13 Mei 1908 adalah pencipta angklung diatonis yang kini banyak digunakan di pelbagai pementasan musik nasional maupun internasional.

Daeng Soetigna mempunyai latar belakang sebagai seorang guru dan juga pemusik angklung. Ia menjadi pegawai negeri sipil sebagai guru pada 1928 di sebuah sekolah di Garut. Pada 1964, ia pensiun dan mulai fokus untuk menggeluti musik angklung.

Prestasi Daeng mencapai titik puncaknya saat berhasil memodifikasi angklung yang bernada pentatonis menjadi diantonis. Angklung ini kemudian diberi nama kehormatan sebagai Angklung Padaeng (Pak Daeng) yang kemudian dipentaskan di berbagai penjuru dunia.

Karya dia inilah yang berhasil mendobrak tradisi, membuat alat musik tradisional Indonesia mampu bersanding dengan musik-musik Internasional, seperti yang juga ditemukan di alat musik gamelan.

Selain penemuan angklung diatonis, Daeng Soetogna juga memainkan puluhan aransemen lagu angklung dengan angklung Padaeng ciptaannya. Ia pun menjadi salah satu pioner untuk menjadikan alat musik Indonesia dikenal di seluruh dunia. Atas prestasi dan jasa bagi Indonesia ini, Daeng Soetigna mendapatkan beberapa penghargaan dari Pemerintash Republik Indonesia antara lain;

1. Piagam Penghargaan atas Jasanya Dalam Bidang Kesenian dari Gubernur Jawa Barat Brigjed Mashudi, 28 Februari 1968

2. Piagam Penghargaan dalam rangka mendorong pertumbuhan, pemekaran dan pengembangan kesenian angklung di ibu kota, dari Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, 10 September 1968

3. Tanda Kehormatan Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Republik Indonesia Soeharto, 15 Oktober 1968

4. Piagam Penghargaan atas jasa dalam pembinaan dan pengembangan seni daerah, khususnya seni Angklung, dari Gubernur Jawa Barat H.A. Kunaefi, 17 Agustus 1979.

Daeng Soetigna wafat pada 8 April 1984 dan dikebumikan di Bandung. Meski telah tiada, melalui keluarga besarnya ia tetap menerima berbagai penghargaan atas jasa-jasanya di dunia musik angklung.

Ia juga akan selalu dikenang dengan sebagai Bapak Angklung Diatonis yang dikenal di seluruh dunia. Hari ini Google menjadikannya tokoh Google Doodle. Tepat di hari lahirnya ke-108 pada 13 Mei 2016. LUCKY IKHTIAR RAMADHAN

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!