Pemerintah akan Luncurkan Kartu Tani

redaksi.co.id - Pemerintah akan Luncurkan Kartu Tani Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan Pemerintah akan meluncurkan kartu tani guna kemudahan para petani mendapatkan kebutuhannya...

57 0

redaksi.co.id – Pemerintah akan Luncurkan Kartu Tani

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan Pemerintah akan meluncurkan kartu tani guna kemudahan para petani mendapatkan kebutuhannya dalam rangka mengembangkan usaha tani.

“Mereka bisa membeli pupuk. Kemudian database dia bisa dihubungkan dengan waktu dia membeli pupuk, menanam apa, itu bisa dihubungkan dengan Bulog, sebagai contoh jika kita ngomong beras. Jika ngomong tebu, dengan pabrik gula BUMN. Ini tidak lepas juga dengan program KUR. Jadi semua itu dijadikan satu,” ujar Rini di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Rini mengungkapkan, kartu tani ini nantinya akan dikeluarkan oleh tiga bank, yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Negara Indonesia.

“Secara bank-bank Himbara, tapi bank yang bertanggung jawab di muka yaitu BRI untuk kita keluarkan kartu tani. Jadi tiga bank itu akan keluarkan kartu tani,” kata Rini.

Rini menjelaskan, kartu tani ini juga akan mempermudah Pemerintah memantau apa yang sedang ditanam oleh mayoritas petani yang memegang kartu ini.

“Karena waktu mereka beli pupuk, mereka juga menjelaskan mereka menanam apa. Karena kan menanam enggak terus-terusan padi. Bisa saja mereka menanam padi, berikutnya bawang. Jadi dengan demikian akan lebih tepat informasi yang akan didapat oleh pemerintah,” kata Rini.

Rini mengatakan, Presiden Joko Widodo menyambut baik adanya kartu tani tersebut. Diharapkan, semua petani memiliki kartu tersebut.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!