Profesor ITB Gratiskan Buku Digital Fisika Dasar

redaksi.co.id - Profesor ITB Gratiskan Buku Digital Fisika Dasar Profesor Fisika di Institut Teknologi Bandung, Mikrajuddin Abdullah, meluncurkan buku digital Fisika Dasar secara gratis lewat internet....

17 0

redaksi.co.id – Profesor ITB Gratiskan Buku Digital Fisika Dasar

Profesor Fisika di Institut Teknologi Bandung, Mikrajuddin Abdullah, meluncurkan buku digital Fisika Dasar secara gratis lewat internet. Buku bagian pertama setebal 1.000 halaman itu ditujukan untuk mahasiswa tingkat pertama di semester awal.

“Siapa pun bisa pakai dan memperbanyak asal tidak untuk komersil,” kata pengajar di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB itu kepada Tempo, Jumat 13 Mei 2016.

Susunan materinya sesuai dengan silabus perkuliahan di kampus. Buku itu juga disertai foto-foto untuk memperkaya materi yang sebagian hasil jepretannya sendiri. Buku Fisika Dasar itu bisa diakses di alamat: https://drive.google.com/file/d/0B3b8pBt2LxtWSkhCeC1nWmNXNFE/view?usp=sharing.

Mikrajudin yang juga pakar teknologi nano itu mengatakan, buku gratis tersebut mulai dibuka aksesnya dan tersebar sejak Rabu, 11 Mei 2016. Buku bagian pertama itu selesai dibuat pada April 2016. “Sekarang masih menyiapkan naskah Fisika Dasar II sebanyak 1.000 halaman juga, akhir tahun ini semoga selesai,” ujarnya.

Menurut Mikrajudin, niatnya membuat buku itu karena jenuh mengajar dengan buku-buku Fisika Dasar karya penulis luar negeri. “Selama 29 tahun mengajar itu-itu saja bukunya, karangan Halliday-Resnick dan lainnya, kenapa kita tidak buat sendiri,” ujarnya.

Tulisan diktat Mikrajuddin seperti contoh benda dan contoh soal menyesuaikan dengan kondisi dan keseharian orang Indonesia, termasuk perkembangan teknologi mutakhir. Misalnya pemakaian alat global positioning system, teknologi nano, juga partikel Tuhan di diktat bagian kedua. ANWAR SISWADI

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!